Berita Surabaya

Diresmikan Saat Hari Pahlawan, Museum Pendidikan di Surabaya Dikonsep Kafe Lawas Bernuansa Heritage

Pemkot Surabaya akan meresmikan Museum Pendidikan pada 10 November 2019. Museum itu dibangun di aset tanah sekaligus bangunan eks Taman Siswa

Diresmikan Saat Hari Pahlawan, Museum Pendidikan di Surabaya Dikonsep Kafe Lawas Bernuansa Heritage
SURYA.co.id/Delya Octovie
Petugas mengecat ulang bangunan eks sekolah Taman Siswa di Jalan Genteng Kali No. 10 Surabaya yang akan diubah menjadi Museum Pendidikan pada Rabu (12/6/2019) lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hari Pahlawan tahun ini tampaknya akan semakin berkesan bagi warga Kota Surabaya.

Karena pada 10 November 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana akan meresmikan Museum Pendidikan pertamanya.

Museum Pendidikan ini dibangun di aset tanah sekaligus bangunan eks Taman Siswa, yang merupakan bekas milik asing, Tiongkok.

Menurut Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian mengatakan pengerjaan museum tersebut memakan waktu cukup lama karena Pemkot Surabaya ingin mempertahankan bangunan aslinya.

"Masih berjalan. Memang agak lama karena proyeknya ini sifatnya rekonstruksi bangunan cagar budaya. Jadi ada beberapa komponen bangunan yang hilang atau rusak dan harus direplikasi serta disesuaikan dengan eranya saat bangunan itu didirikan," jelas Iman, Kamis (17/10/2019).

Iman mengakui pembangunannya cukup kompleks. Progress saat ini pun sekitar 70 persen dan tengah dilakukan pemasangan lighting, AC, poles, pembenahan lantai marmer, tegel kunci kuno, pembenahan atap, pintu, kusen yang dimakan rayap, landscap serta detail interior.

Namun pihaknya tetap mengupayakan museum pendidikan bisa rampung 10 November 2019.

Soal konsep bangunan, Iman menyebut museum nantinya bernuansa kafe lawas.

"Inginnya nuansa kayak kafe-kafe kekinian dengan suasana heritage," ucapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menargetkan semua koleksi sejarah pendidikan bisa dipindahkan ke museum mulai 22-24 Oktober 2019.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved