Berita Mojokerto

Wabup Mojokerto Pungkasiadi: Sertifikat IDL bakal Jadi Salah Satu Syarat Masuk PAUD/TK

Wabup Mojokerto Pungkasiadi didampingi Wakil Ketua TP PKK Yayuk Pungkasiadi memberikan sertifikat Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) kepada 54 balita.

Wabup Mojokerto Pungkasiadi: Sertifikat IDL bakal Jadi Salah Satu Syarat Masuk PAUD/TK
foto: pemkab mojokerto
Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi didampingi Wakil Ketua TP PKK Yayuk Pungkasiadi memberikan sertifikat Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) kepada 54 balita dari 27 puskesmas se-Kabupaten Mojokerto di Pendapa Graha Majatama, Rabu (16/10/2019). 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi didampingi Wakil Ketua TP PKK Yayuk Pungkasiadi memberikan sertifikat Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) kepada 54 balita dari 27 puskesmas se-Kabupaten Mojokerto di Pendapa Graha Majatama, Rabu (16/10) siang.

Acara diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto ini sekaligus dalam rangka sosialisasi rencana aksi daerah (RAD) penanggulangan tuberkulosis (TB), serta penyerahan simbolis Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran Daerah (KIS-PBID).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Didik Chusnul Yakin dalam sambutannya menjelaskan bahwa wisuda balita yang telah lulus IDL, sebagai bentuk awareness dan menegakkan pentingnya cakupan IDL oleh seorang anak sebagai sebuah hak.

“IDL di Kabupaten Mojokerto meningkat lebih dari 100 persen. IDL lengkap harus didapatkan oleh seorang anak. Kejadian difteri di Jawa Timur beberapa tahun lalu, salah satunya disebabkan IDL yang tidak terpenuhi. Maka kami ingin IDL bisa diberikan sebagai hak anak. Bagi yang sudah memenuhi, bisa kita beri sertifikat. Ini upaya kita untuk melindungi generasi sehat,” jelas Didik.

Terkait tuberkulosis (TB), Didik menegaskan meski Kabupaten Mojokerto tidak ada kejadian serius terkait TB, namun pencegahannya harus tetap dilakukan dengan sosialisasi intens.

Ia juga mengumumkan pencanangan seluruh elemen bersatu untuk memerangi TB.

Sedangkan Wakil Bupati Pungkasiadi dalam arahannya turut mengapresiasi IDL sebagai kewajiban pemenuhan hak anak.

Terlebih sertifikat IDL akan menjadi salah satu syarat bagi balita yang akan masuk PAUD atau TK.

“Setiap balita harus mendapat IDL. Kami apresiasi inovasi Dinas Kesehatan, atas inovasi sertifikasi IDL bagi balita. Apalagi nanti sertifikat IDL jadi syarat administrasi masuk dunia pendidikan seperti PAUD/TK,” kata wabup.

Terkait TB, wabup minta hal tersebut terus diperangi bersama. Sebab berdasarkan data WHO, Indonesia sempat menduduki peringkat dua dunia masalah TB dan beban TB tertinggi.

Halaman
12
Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved