Sambang Kampung Lasem Barat

Pemkot Surabaya Bangunkan Sarana Sanitasi Warga Lasem Barat, Dupak Bangunrejo

Pemerintah Kota Surabaya memberikan penanganan yang komprehensif terhadap masalah kampung Lasem Barat Dupak Bangunrejo di RW 5.

surya/delya octovie
Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi. Pemkot Surabaya akan bangun sarana sanitasi untuk warga Lasem Barat, Kelurahan Dipak Bagunrejo. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya memberikan penanganan yang komprehensif terhadap masalah kampung Lasem Barat Dupak Bangunrejo di RW 5.

Pasalnya saat ini Pemkot mulai melakukan komunikasi dengan BPWS untuk meninjau kewenangan pengelolaan sungai.

"Kita sedang berkomunikasi dengan BPWS tentang pengelolaan sungainya. Kalau memang pengelolaannya ada di BPWS maka kita minta agar segera dibuatkan plengsengan.

Setelah dibuatkan plengsengan baru kita lakukan segerakan balik kanan," kata Kepala Bappeko Surabaya, Eri Cahyadi, Sabtu (12/10/2019).

Lebih lanjut Pemkot juga akan melakukan interfensi untuk akses sanitasinya. Pasalnya di kampung tersebut ada 37 septitank.

Namun, karena terjadi longsor setitank di kampung mereka ikut rusak. Tepatnya akibat lonsor saluran pipa di kampung padat tersebut jadi rusak.

"Kita akan bangunkan MCK komunal. Ada juga dari CSR. Artinya kita akan sinergi di sini, untuk mewujudkan akses sanitasi yang lebih layak bagi warga," kata Eri yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya tersebut.

Terkait gerakan balik kanan atau menghadapkan rumah warga di kampung stren kali untuk menghadap bantaran sungai dikatakan Eri ditujukan untuk mengajak warga lebih peduli dengan lingkungannya.

Serta lebih tepatnya untuk melibatkan langsung warga masyarakat dalam solusi yang ditawarkan Pemerintah Kota dalam rangka menata kampung agar lebih bersih dan sehat.

Dengan membuat warga terlibat, menurut Eri, akan membuat warga merasa ikut memiliki kampungnya. Bukan hanya menerima program, melainkan ikut berpartisipasi di dalamnya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved