Berita Surabaya

Pemkot Surabaya bakal Pertemukan Para Startup Kota Pahlawan, Mereka Ditantang bikin Karya Rintisan

"Kalau kedua Startup ini sudah punya pasar dan banyak dimanfaatkan pihak ketiga. Harus diikuti para Startup baru," tandas M Fikser.

Pemkot Surabaya bakal Pertemukan Para Startup Kota Pahlawan, Mereka Ditantang bikin Karya Rintisan
SURYA.co.id/Delya Octovie
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkot Surabaya Muhammad Fikser yang akan mempertemukan para startup Kota Pahlawan pada Sabtu (19/10/2019). 

SURYA.co.id |  SURABAYA - Dinas Infokom Surabaya menantang seluruh pelaku Startup kota ini untuk unjuk gigi. Mereka akan ditantang menunjukkan karya rintisan mereka agar bisa diminati masyarakat. Dari tangan  -tangan kreatif dan karya inovatif mereka, aplikasi bisa diciptakan. 

Kepala Dinas Infokom Surabaya M Fikser menuturkan bahwa arek-Arek Suroboyo saat ini sudah banyak menciptakan aplikasi sukses.

Di antaranya adalah Riliv (aplikasi jasa psikolog) dan Reblood (aplikasi donor darah) yang sudah banyak diunduh dan dimanfaatkan masyarakat.

 "Kalau kedua Startup ini sudah punya pasar dan banyak dimanfaatkan pihak ketiga. Harus diikuti para Startup baru. Kami akan pertemukan seluruh pelaku Startup Surabaya di Koridor," kata Fikser, Rabu (16/10/2019).

Sudah saatnya para pelaku Startup Surabaya bersatu dan saling melengkapi. Mereka harus berkumpul untuk copy darat.

Sebab pada dasarnya, usaha rintisan perlu didukung oleh semua pihak sesama Startup. 

Rencananya, copy darat para Startup itu akan digelar pada Sabtu (19/10/2019).

Namun dalam pertemuan awal itu akan dibatasi belasan pelaku Startup. Tidak hanya mereka yang baru merintis, tapi juga pengalaman akan dihadirkan. 

 "Akan saling share dan bertukar pengalaman. Terutama success story para Startup kita. Kami meyakini kaum milenia Surabaya akan berkembang dengan sendiri dengan kreativitasnya. Tapi mereka perlu diarahkan," lanjut Fikser yang mantan Kabag Humas Pemkot Surabaya

 Koridor yang merupakan tempat berkreasi kaum milenia Surabaya akan menjadi saksi pertemuan para Startup tersebut.

"Selama ini ada banyak pelaku Startup dari berbagia linin termasuk yang selama ini berkembang di bawa Satu Atap. Mereka juga akan kami hadirkan,"  kata Fikser. 

Dinas Infokom akan menghandirkan dunia kampus. Pakar IT dari ITS akan hadir bersama pelaku Startup besok. Akan disikapi apa yang sebaiknya Startup tampilkan dalam menjawab kebutuhan di era digitalisasi ini.

Anggota Komisi D Juliana Evawati yang dikenal akrab dengan kaum milenia mendukung langkah Dinas Infokom menginisiasi pertemuan para Startup.

Namun yang lebih penting adalah memberi kesempatan seluas-luasnya pelaku Startup untuk berkreasi. 

"Yang paling penting adalah Bagiamana menjembatani karya kreatif mereka agar bisa menjawab pasar. Meski kita sadar bahwa mereka bisa hidup sendiri. Makanya perlu arahan," kata Jeje, panggilan akrabnya.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved