Potret

Angela Kyarra Indiraziva Finalis Putri Lingkungan Hidup 2019: Hijaukan Surabaya dengan Sirih Gading

Tanaman Daun Sirih Gading hasil budidaya tumbuh subur di rumah Angela Kyarra Indiraziva.

Angela Kyarra Indiraziva Finalis Putri Lingkungan Hidup 2019: Hijaukan Surabaya dengan Sirih Gading
surya.co.id/wiwit purwanto
Tanaman Daun Sirih Gading hasil budidaya tumbuh subur di rumah Angela Kyarra Indiraziva. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menghijaukan Kota Surabaya dengan tanaman bermanfaat seperti dengan tanaman Sirih Gading, menjadi impian Kyarra.

Pemilik nama lengkap, Angela Kyarra Indiraziva ini memulai penghijauan dilingkungan yang setiap hari ia berada, di sekolah dan dirumahnya dikawasan Gayungsari.

“Saya ingin menghijaukan Surabaya dengan tanaman Sirih Gading,” ujar Kyarra di sela merawat daun Sirih Gading di rumahnya, Selasa (15/10/2019).

Awalnya, siswa kelas 5 SD Cita Hati ini melihat ada tanaman daun Sirih Gading ada di beberapa hotel. Kemudian Kyarra mencari tahu tentang manfaat tanaman ini.

“Ternyata manfaatnya banyak diantaranya adalah bisa mengurangi polusi udara dan menetralisir polusi di dalam rumah,” katanya.

Selanjutnya Kyarra mencoba dengan membeli bibit atau indukan dari tanaman Sirih Gading dan membudidayakan tanaman ini dirumahnya.

Yang menarik Kyarra membeli dari uang yang ia kumpulkan dengan menjual sampah seperti botol bekas minuman dan minyak jelantah ke bank sampah.

Hasil dari budidaya itu kini sudah tumbuh subur dirumahnya, ia mulai memindahkan tanaman itu ke pot pot kecil yang ia buat dari botol bekas.

“Sebagian saya bagikan ke kampung Dukuh Setro Ke kampung di Driyorejo, ke sekolah dan teman temannya yang ingin tanaman Sirih Gading,” ujarnya.

Bahkan teman temannya menginginkan Kyarra mengemas tanaman itu dan menjualnya.

“Yang di pot dari botol bekas air mineral kecil ini sudah siap di jual, per pot nya Rp 3000,” katanya.
Agar lebih banyak orang orang yang mau menanam tanaman Sirih Gading, ia juga membuat vlog.

“Yuk kita sama-sama membudidayakan sirih gading agar udara bersih dan untuk menghijaukan Kota Surabaya tercinta,” pungkasnya.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved