Petakan Karakteristik Generasi di Sektor UMKM, LPPM Universitas Brawijaya Adakan FGD

seminar ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas SDM dalam kaitannya dengan dunia usaha

Petakan Karakteristik Generasi di Sektor UMKM,  LPPM Universitas Brawijaya Adakan FGD
surabaya.tribunnews.com/hanif manshuri
seminar Personal Branding untuk UMKM unggul dan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pengembangan Kapasitas SDM di Sektor UMKM” bagi para pelaku usaha Lamongan, Gresik dan Tuban yang dipusatkan di Hotel Grand Mahkota Lamongan (15/10/2019). 

SURYA.co.id l LAMONGAN – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya menyelenggarakan seminar Personal Branding untuk UMKM unggul dan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pengembangan Kapasitas SDM di Sektor UMKM” bagi para pelaku usaha Lamongan, Gresik dan Tuban yang dipusatkan di Hotel Grand Mahkota Lamongan (15/10/2019).

Dodi Wirawan Irawanto, pakar pengembangan sumber daya manusia (SDM) Universitas Brawijaya menjelaskan, seminar ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas SDM dalam kaitannya dengan dunia usaha yang merupakan acara lanjutan dari beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan di Kediri, Jember, Blitar, Ponorogo Tulungagung, Probolinggo, Situbondo serta kota lain di Jawa Timur.

Diikuti oleh puluhan pelaku usaha binaan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lamongan, PELITA UMKM Lamongan, PERWIRA (Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia) Lamongan serta UMKM binaan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Tuban dan UMKM binaan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Peedagangan dan Perindustrian Gresik, seminar berlangsung interaktif.

“Kami mengajak para pelaku usaha yang berasal dari sejumlah paguyuban,” kata Dodi, salah satu ketua peneliti.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan Pudiastiono, SE, MM menyampaikan pentingnya kapitalisasi SDM untuk menciptakan iklim perkembangan UMKM yang lebih baik.

Dalam acara ini, diharapkan untuk para pelaku usaha nantinya mampu mengembangkan kapasitas SDM seperti halnya bagaimana mengelola usaha hingga apa yang perlu dlakukan oleh UMKM sampai jenjang karir tertentu.

Lily Hendrasti N, salah satu narasumber juga memberikan pemaparan terkait personal branding bagi UMKM unggul.

Dalam pemaparannya, ia menjelaskan pentingnya branding yang melekat pada sebuah produk. Merek tidak hanya melekat pada produk, tapi juga harus melekat pada personalnya. Hal inilah yang akan membedakan produk yang satu dengan yang lainnya.

Tak hanya pemaparan, dalam kegiatan kali ini juga dilakukan focus group discussion (FGD) oleh para peserta.

Dalam hal ini peserta berdiskusi secara intens dengan para narasumber. Dari pengembangan usaha hingga kendala apa saja yang dirasakan oleh para pelaku usaha ini. Mereka saling berdiskusi dan memberikan semangat positif antar peserta.

Dodi W Irawanto menjelaskan, dalam penelitiannya banyak fokus mengambil potret kaum millenial yang saat ini banyak mendominasi UMKM.

"Kaum millenial ini membawa karakter dan perilaku tersendiri," ungkapnya.

Hasil dari rangkaian acara ini diharapkan para usahawan dapat mengembangkan SDM yang dimiliki.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved