Berita Jombang

Pemicu Gunung Anjasmoro Jombang Terbakar, Medan yang Berjurang Sulitkan Proses Pemadaman

Lahan hutan seluas 50 hektare lebih di Gunung Anjasmoro, Jombang, terbakar pada Senin malam (14/10/2019).

Pemicu Gunung Anjasmoro Jombang Terbakar, Medan yang Berjurang Sulitkan Proses Pemadaman
Foto: istimewa
Api membara yang membakar lahan hutan Gunung Anjasmoro wilayah Jombang terlihat dari kejauhan. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Lahan hutan di Gunung Anjasmoro, Jombang, seluas 50 hektare lebih terbakar pada Senin malam (14/10/2019).

Kebakaran kali pertama terpantau di Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Kebakaran ini diduga dipicu cuaca panas dan angin kencang di lokasi.

Pengendalian kebakaran masih sulit dilakukan, karena terkendala medan berjurang yang cukup sulit dan luasnya lahan hutan yang terbakar.

"Tadi malam pukul 19.00, kami upayakan pemadaman manual. Tapi karena yang terbakar luas sekali, akhirnya personel kami tarik, kami hentikan," kata Supervisor Pusdalops Badan Pengendalian dan Bencana Daerah (BPBD) Jombang Stevie Maria.

Upaya pemadaman kebakaran di Gunung Anjasmoro dilakukan pihak BPBD Jombang bersama petugas dari Tahura Raden Soerjo dan KPH Jombang.

Sekitar 10 personel dari BPBD Jombang, 14 personel dari KPH Jombang dan 16 personel dari Tahura Raden Soerjo digerakkan untuk melakukan pemadaman secara manual.

Sulitnya medan dan kobaran api yang mulai meluas, memaksa BPBD menghentikan upaya pemadaman tersebut.

Selanjutnya, pihak BPBD Jombang berupaya berkoordinasi dengan pihak BPBD Jatim dan BNPB untuk segera melakukan pengemboman air.

Dikatakan Stevie Maria, lahan hutan yang terbakar terhitung luas. Meliputi lahan hutan milik Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Jombang, KPH Pasuruan, dan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo.

"Perkiraan mencapai 59 hektare, jadi sudah sangat meluas. Berada di Gunung Anjasmoro, yang terbakar melintang antara Kabupaten Jombang dan Kabupaten Malang," terang Pepy sapaan akrab Stevie Maria, Selasa (15/10/2019).

Dijelaskan Pepy, kebakaran di Gunung Anjasmoro ini dipicu cuaca panas dan angin kencang yang mengakibatkan daun dan rumput kering di hutan terbakar.

"Faktor alam penyebabnya. Cuaca saat ini panas dan juga angin kencang. Dimungkinkan ada gesekan-gesekan dari daun atau rumput kering akhirnya menyala api," ujarnya.

Penulis: Sutono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved