Berita Madiun

Besok, 57 Desa di Kabupaten Madiun Gelar Pilkades, begini Pesan Kaji Mbing

Sebanyak 57 Desa di 15 Kecamatan di Kabupaten Madiun akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada Rabu (16/10/2019) pagi.

Besok, 57 Desa di Kabupaten Madiun Gelar Pilkades, begini Pesan Kaji Mbing
SURYAOnline/rahadian bagus
Bupati Madiun, Kaji Mbing dalam sebuah kesempatan. 

SURYA.co.id|MADIUN - Sebanyak 57 Desa di 15 Kecamatan di Kabupaten Madiun akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada Rabu (16/10/2019) pagi.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, meminta agar masyarakat tetap menjaga kerukunan selama penyelenggaraan Pilkades dan setelah Pilkades.

"Pilkades dilakukan untuk menjamin keberlangsungan pembangunan, bukan untuk menjadikan masyarakat pecah.," bupati yang biasa dipanggil Kaji Mbing, Selasa (15/10/2019).

"Bukan untuk menjadikan masyarakat saling bermusuhan. Sehingga, pasca dilakukan Pilkades, masyarakat harus rukun kembali," imbuh dia. 

Kaji Mbing mengatakan, siapa pun kepala desa yang terpilih, merupakan pilihan rakyat. Pilkades hanyalah kegiatan rutin yang digelar setiap lima tahun sekali, sehingga jangan sampai mengorbankan kerukunan antar warga.

"Masyatakat harus bisa mengendalikan diri, dan calon yang terpilih juga harus bisa membawa diri. Ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan, bukan harga mati sehingga harus mengorbankan kerukunan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bappemas dan Pemdes) Pemkab Madiun, Joko Lelono, mengatakan Pilkades akan seretenak dimulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.

Meski dilaksanakan pada hari kerja, Joko berharap masyarakat dapat meluangkan waktu untuk menggunakan hak pilihnya dalam helat Pilkades yang menghabiskan anggran sekitar Rp 4 miliar ini.

"Harapannya masyarakat bisa maksimal kehadirannya, meskipun di hari kerja. Saya mengharap masyarakat yang sudah terdaftar dan mempunyai hak pilih, sebaiknya menyalurkan hak pilihannya," jelasnya.

Joko menambahkan, untuk pengamanan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Madiun, Kodim 0803/Madiun, Bakesbangpol, dan juga Satpol PP.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved