Berita Sidoarjo

Kapolres Sidoarjo Terapkan Reward and Punishment untuk Kontrol Kinerja Pelayanan Polisi

"Jadi, satuan yang banyak mendapat komplain atau dikeluhkan masyarakat akan sangat kurang nilainya," ungkap Kapolresta Sidoarjo

Kapolres Sidoarjo Terapkan Reward and Punishment untuk Kontrol Kinerja Pelayanan Polisi
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Kapolres saat memberikan penghargaan kepada anggota dan Satuan berprestasi di lingkungan Polresta Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sejumlah anggota polisi di lingkungan Polresta Sidoarjo menerima penghargaan berkat kinerjanya yang dirasa bagus oleh pimpinan.

Dari evaluasi yang dilakukan selama tiga bulan terakhir, telah ditentukan pula satuan kerja (satker) yang dianggap kinerjanya bagus dan satker yang kinerjanya kurang bagus.

"Dalam penilaian ini, ukuran utamanya adalah pelayanan publik. Jadi, satuan yang banyak mendapat komplain atau dikeluhkan masyarakat akan sangat kurang nilainya," ungkap Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Senin (14/10/2019).

Secara persoalan, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Krembung Aiptu M Imron dengan pelaporan pada aplikasi e-Bhabin sebanyak 4.670 giat dan melakukan e-Pemakaman sebanyak lima kali, berhak mendapat reward dari Kapolres.

Selain itu, Anggota Satintelkam Polres Sidoarjo Aiptu Sirman Eko Hambali juga dinobatkan sebagai anggota berprestasi. Ini karena dalam kondisi kesehatan sakit stroke, dia tetap aktif menjalankan tugas serta tanggung jawabnya sebagai operator patroli cyber Polresta Sidoarjo.

Sementara satuan yang mendapat reward kategori tertib administrasi dan 5K (Kebersihan, Ketertiban, Kerapihan, Keamanan dan Keindahan) adalah Polsek Sukodono, Polsek Prambon, dan Bagren Polresta Sidoarjo.

Namun, ada juga satuan yang mendapat bendera hitam karena pelayanannya dirasa menurun atau kurang maksimal. Yakni Polsek Wonoayu, Polsek Waru, dan Satlantas Polresta Sidoarjo.

Menurut kapolres, feedback, komplain, dan berbagai masukan dari masyarakat harus jadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki layanan. Satuan yang kena bendera hitam itu, berarti banyak komplain atau dikeluhkan warga.

"Banyak hal, seperti dianggap kurang ramah, petugasnya datang terlambat, pelayanannya kurang cepat, dan sebagainya. Ini harus jadi masukan untuk berubah menjadi lebih baik," tandas Zain.

Kepala satuan, juga diminta lebih tegas dalam mengontrol anggotanya. Ketika jam dinas atau di luar dinas. Karena prilaku semua anggota, sangat berpengaruh terhadap penilaian masyarakat terhadap institusi kepolisian.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved