Pilbub Sidoarjo 2020

Achmad Amir, Putra Bupati Sidoarjo Dapat Restu Maju Pemilihan 2020, Siap Ikuti Mekanisme Partai

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Achmad Amir Aslichsin menunjukkan kesiapannya untuk mengikuti pilkada Sidoarjo 2020 mendatang

Achmad Amir, Putra Bupati Sidoarjo Dapat Restu Maju Pemilihan 2020, Siap Ikuti Mekanisme Partai
antara/syaiful arif
Ilustrasi, spanduk bertuliskan logo PKB 

SURYA.co.id | SURABAYA - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Achmad Amir Aslichsin menunjukkan kesiapannya untuk mengikuti Pilkada Sidoarjo 2020 mendatang. Untuk mendapatkan rekomendasi partai, pihaknya pun siap untuk mengikuti proses penjaringan di internal PKB.

Menurut putra Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah ini, partainya memang terbuka untuk membuka pendaftaran secara resmi. "Sebagai kader partai, harus siap apabila diminta untuk ikut penjaringan," tegas Mas Iin (sapaan Ahmad Amir) kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (13/10/2019).

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk ayahandanya menurutnya akan menjadi modal pendaftaran tersebut. "Apalagi kalau didukung banyak pihak untuk maju," jawabnya diplomatis.

Ia tak memungkiri bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi dengan internal partainya, termasuk dengan para pengurus di tingkat provinsi. Sekalipun demikian, pembicaraan tersebut baru sebatas pembicaraan informal.

Sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, pembicaraan tersebut ia lakukan saat berada di DPRD Jatim. "Anggota fraksi (PKB) kan mayoritas adalah pengurus DPW (PKB Jatim). Kami sering bertemu dan ngobrol banyak hal," kata Anggota DPRD Jatim dari dapil Sidoarjo ini.

Namun, pembicaraan tersebut belum tuntas pada hasil maupun rekomendasi. "Kalau instruksi dari partai ya nanti saat turun rekomendasi (pengusungan)," katanya menjelaskan.

Untuk menurunkan rekomendasi, PKB menurutnya memiliki sejumlah mekanisme. "Penjaringan bakal calon kepala daerah maupun wakilnya memang ada tahapannya. Yang mana, itu memang diatur oleh paraturan partai," katanya.

Terkait teknis, penjaringan akan diatur oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. "Yang mana, juklak (petunjuk pelaksanaan) maupun juknis (petunjuk teknis) memang belum turun," pungkasnya.

Untuk diketahui, nama Mas Iin masuk di antara jajaran bakal calon Bupati Sidoarjo. Nama putra mahkota Bupati Sidoarjo ini bersaing dengan beberapa kader PKB lainnya.

Di Sidoarjo, Mas Iin bukan merupakan figur asing. Ia pernah menjadi Ketua Fraksi PKB di DPRD Sidoarjo periode 2014-2019. Ia juga merupakan Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo periode 2016-2019.

Pada pemilu 2019 lalu, Mas Iin mendapatkan perolehan suara 47.086 suara di dapil Sidoarjo. Di Sidoarjo, PKB sebagai pemenang pemilu 2019 juga memiliki modal kursi cukup untuk mendaftarkan bakal calonnya (16 kursi DPRD Sidoarjo).

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved