Lifestyle

Manfaat Prostesis Payudara bagi Penyintas Kanker Payudara seusai Operasi

Operasi pengangkatan payudara atau mastektomi merupakan tindakan pengobatan kanker payudara sekaligus untuk menekan risiko penyebarannya.

Manfaat Prostesis Payudara bagi Penyintas Kanker Payudara seusai Operasi
surya.co.id/sugiharto
Virgie Keen, perwakilan Can-Care Indonesia memaparkan mengenai breast prosthesis dalam acara Breast Cancer Awarness Campign di Tunjungan Plaza Surabaya, Jumat (11/10). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Operasi pengangkatan payudara atau mastektomi merupakan tindakan pengobatan kanker payudara sekaligus untuk menekan risiko penyebarannya.

Tindakan ini dapat menghilangkan, baik separuh maupun seluruh payudara seseorang.

Hal ini terkadang membuat penyintas menjadi kurang percaya diri.

Selain dengan cara rekonstruksi, hal ini dapat ditanggulangi menggunakan prostesis payudara.

"Banyak yang tidak mau untuk rekonstruksi, mulai dari karena biaya atau pertimbangan lainnnya. Untuk menanggulanginya, ada solusi yaitu menggunakan prostesis payudara," ungkap ungkap Virgie Keen, perwakilan provider post-care, Can-Care Indonesia, dalam acara Breast Cancer Awarness Campign di Tunjungan Plaza Surabaya, Jumat (11/10).

Selain untuk menambah kepercayaan diri, lanjutnya,  prostesis ini juga akan memperbaiki postur tubuh seseorang pasca mastektomi.

Massa payudara yang hilang dapat mempengaruhi postur tubuh. Misalnya, tubuh akan membungkuk. Hal karena sifat ilmiah tubuh yang menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi.

Selain itu, juga bisa karena seseorang yang malu dan cenderung menutupi dadanya menggunakan bahu, hasilnya, baju juga ikut menjorok ke depan.

"Untuk mencegah itu, maka yang harus dilakukan ialah mengembalikan massa tubuh seperti sebelumnya. Prostesis payudara mengganti massa yang hilang itu," ungkapnya.

Tak hanya itu, alat ini juga dapat meningkatkan kerja otot yang melemah dan mengurangi rasa sakit setelah menjalani operasi.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved