Berita Blitar

Gelar Salat Minta Hujan, Warga Talun, Blitar Membawa Hewan Ternak: Agar Hewan Ikut Berdoa

Salat yang berlangsung pukul 13.00 WIB atau di saat terik matahari, warga membawa hewan peliharaannya ke lapangan.

Gelar Salat Minta Hujan, Warga Talun, Blitar Membawa Hewan Ternak: Agar Hewan Ikut Berdoa
Foto: imam taufiq
Seorang warga membawa serta sapi saat hendak melaksanakan salat Istisqo (salat minta hujan) di Kecamatan Talun, Kab Blitar. 

SURYA.co.id | BLITAR - Hujan tak segera turun, warga di berbagai kecamatan di Kabupaten Blitar, terus melakukan salat Istisqo (salat minta hujan).

Jika empat hari lalu, warga bersama muspida menggelar salat minta hujan, berlangsung di lapangan Kecamatan Panggungrejo, Jumat (11/10) siang kemarin, kini giliran warga Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun.

Namun, ada yang beda dalam melaksanakan salat istisqo kemarin itu. Salat yang berlangsung pukul 13.00 WIB atau di saat terik matahari,  warga membawa hewan peliharaannya ke lapangan.

Seperti sapi, kambing, ayam, burung, kelinci. Itu ditaruh di tepi lapangan atau di sampinng warga yang sedang menjalankan salat tersebut.

Karuan keberadaan hewan beraneka jenis itu jadi perhatian khusus. Sebab, itu dianggap tak seperti biasanya.

Namun, menurut mereka, keberadaan hewan, yang ikut kepanasannya itu menandakan bahwa mereka benar-benar mengharapkan agar hujan segera turun.

Dan, yang mengalam kesulitan air bukan hanya warga, namun juga hewan peliharaann.

"Dengan membawa hewan peliharaan ke lapangan ini, supaya ikut berdoa, supaya hujan segera turun. Dan kami berharap doa kami semua, segera dikabulkan," ujar KH Mochtar Ali, yang memimpin salat Istisqo di lapangan sepak bola Desa Pasirharjo.

Usai menggelar salat, warga kembali membawa pulang hewan peliharaannya masing-masing.

Misalnya, Siswanto (52), yang membawa sapi, menuturkan, mengapa dirinya membawa hewan peliharaannya di saat menggelar salat Istisqo? Itu karena warga sudah benar-benar merasa kesulitan air. Diharapkan agar hewan yang kepanasan, juga ikut berdoa.

"Hewan juga butuh air, namun kalau tak ada air seperti saat ini, ya kasihan. Makanya, kami bawa ke lapangan, agar ikut berdoa," ujar Siswanto. (imam taufiq)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved