Berita Mojokerto

Dalam Sehari, BPBD Kabupaten Mojokerto Tangani Tiga Peristiwa Kebakaran

Dalam sehari ini, Sabtu (12/10/2019), BPBD Kabupaten Mojokerto benar-benar dibuat sibuk dengan tiga peristiwa kebakaran.

Dalam Sehari, BPBD Kabupaten Mojokerto Tangani Tiga Peristiwa Kebakaran
SURYA.co.id/Febrianto Ramadani
Petugas BPBD Kabupaten Mojokerto saat menangani kebakaran di Dusun Jakung, Desa Jatilangkung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (12/10/2019) 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Dalam sehari ini, Sabtu (12/10/2019), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto benar-benar dibuat sibuk dengan tiga peristiwa kebakaran.

Peristiwa tersebut terdiri dari kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Tahura Raden Soerjo, tepatnya di Desa Jabung Kecamatan Jatirejo dan Desa Ngembat serta Desa Gumeng di Kecamatan Gondang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan kebakaran di Wilayah Tahura Raden Soerjo saat ini masih dilakukan pemantauan dan penyisiran.

"Sebanyak 18 personel kami kerahkan untuk memadamkan kebakaran. Kami juga masih melakukan pemetaan untuk mengetahui penyebabnya. Namun, kondisi medan di lokasi yang begitu curam membuat tim sulit untuk menjangkau lokasi titik api," ungkapnya Sabtu (12/10/2019).

Selain itu, kebakaran juga menghanguskan kandang ayam di Dusun Jakung, Desa Jatilangkung, Kecamatan Pungging, serta kebakaran lahan di Dusun Dakon, Desa Watukenongo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Kedua peristiwa tersebut terjadi pukul 13.00 Wib.

"Diduga, karena ada warga yg membakar sampah dan angin yg cukup kencang menyebabkan api cepat merembet dan membakar kandang ayam milik warga. Sebanyak 3 mobil pemadam kebakaran BPBD kami kerahkan untuk memadamkan kebakaran itu. Kerugian ditaksir mencapai Rp 100 juta dan luas yang terbakar 300 x 15 meter persegi. Api dinyatakan padam pukul 16.15 Wib," jelasnya.

Sedangkan kebakaran lahan tebu di Dusun Dakon, lanjut Zaini, akibat dari ulah tangan yang tidak bertanggung jawab dengan membuang bahan yang mudah terbakar, hingga menyebabkan terbakarnya lahan dan juga faktor angin yg membuat nyala api semakin membesar 

"Taksiran Kerugian mencapai 10 juta rupiah. Luas yang terbakar setengah hektar. Kami kerahkan 1 unit mobil pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Mojokerto untuk memadamkannya, api dinyatakan padam pada pukul 14.25 Wib," ujarnya.

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved