Berita Nganjuk

Rapat Paripurna DPRD Nganjuk Bentuk dan Tetapkan Dua Pansus Sekaligus

Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono mengatakan, Pansus sesuai aturan memiliki waktu tiga bulan untuk menyelesaikan tugasnya.

Rapat Paripurna DPRD Nganjuk Bentuk dan Tetapkan Dua Pansus Sekaligus
surya.co.id/ahamd amru muiz
Pimpinan rapat paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk agenda penetapan dua Pansus tentang Tata Tertib DPRD dan Pansus Kode Etik Tata Beracara DPRD. 

SURYA.CO.ID | NGANJUK - DPRD Kabupaten Nganjuk tetapkan pembentukan dua panitia khusus (Pansus). Masing-masing Pansus tentang Tata Tertib DPRD, dan Pansus tentang Kode Etik Tata Beracara DPRD Kabupaten Nganjuk.

Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono mengatakan, Pansus sesuai aturan memiliki waktu tiga bulan untuk menyelesaikan tugasnya. Namun diharapkan dalam waktu dua bulan tugas kedua pansus sudah bisa.selesai.

"Itu harapan kami, silahkan semua anggota Pansus bisa mempercepat penyelesaian tugas tersebut tetapi tetap sesuai aturan dan Perundangan yang berlaku," kata Tatit Heru Tjahjono seusai rapat paripurna DPRD penetapan dua Pansus, Jumat (11/10/2019).

Dijelaskan Tatit, dalam penyusunan tata tertib, kode etik dan tata beracara DPRD Kabupaten Nganjuk akan ada hal-hal yang baru. Setidaknya ada sekitar 5 - 10 persen dari pedoman tata kinerja DPRD Nganjuk dilakukan perbaikan. Diantaranya terkait kedisiplinan anggota DPRD dalam setiap kegiatan kedewanan. Mereka harus hadir tepat waktu untuk ketertiban dalam pelaksanaan kegiatan.

Disamping itu, ungkap Tatit, untuk sanksi bagi anggota DPRD yang hingga tiga kali berturut-turut tidak tertib waktu maka akan disilahkan masing-masing Fraksi memberikan sanksi pada anggota DPRD  bersangkutan.

"Jadi hal-hal semacam itu yang akan diatur dalam tatib, sehingga diharapkan ada perbaikan kearah lebih baik kedepan bagi kinerja DPRD Nganjuk," tandas Tatit.

Memang, diakui Tatit, adanya semangat perbaikan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya menjadi motivasi tersendiri dalam penyusunan Tatib, Kode Etik dan tata Beracara Anggota DPRD Nganjuk.

Dengan demikian Anggota DPRD sebagai wakil rakyat benar-benar menjadi kepanjangan tangan dari rakyat dalam menjalankan fungsi pengawasan Pemerintahan dan penyambung aspirasi rakyat.

"Untuk itulah, tata kinerja DPRD Nganjuk periode 2019-2024 sebagai dasar menjalankan tugas kedewanan harus dirancang dan disusun sebaik mungkin sesuai kondisi dan perkembangan Kabupaten Nganjuk dewasa ini," tutur Tatit Heru Tjahjono.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved