Berita Jember

Penjelasan Wabup Abdul Muqit Arief terkait Konsep Jember Menuju Kota Welas Asih

Kabupaten Jember berupaya menjadi Kota Welas Asih. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan itu, Pemkab Jember menggelar Forum Group Discussion (FGD).

Penjelasan Wabup Abdul Muqit Arief terkait Konsep Jember Menuju Kota Welas Asih
surya.co.id/sri wahyunik
Suasana Forum Group Discussion (FGD) di Pendapa Wahyawibawagraha Kabupaten Jember, Kamis (10/10/2019) 

Surya.co.id | JEMBER-  Kabupaten Jember berupaya menjadi Kota Welas Asih. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan itu, Pemkab Jember menggelar Forum Group Discussion (FGD) di Pendapa Wahyawibawagraha, Kamis (10/10/2019).

“Jember akan mengembangkan rasa kepedulian di berbagai sektor, yang secara khusus dikemas dalam sebuah jaringan yakni Kota Welas Asih,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Edy Budi Susilo.

Setelah menggelar FGD, langkah selanjutnya melaksanakan pelatihan yang dimulai pada lingkup Dinas Pendidikan.

Pelatihan untuk kepala sekolah dan stakeholder, juga para pemangku kepentingan lainnya. Proses itu akan dilaksanakan selama tiga bulan secara terus menerus.

Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief mengatakan Kota Welas Asih mengingatkan semua pihak dalam berkehidupan sosial.

“Bagaimana membina masyarakat untuk bisa peduli terhadap sesama, menanamkan nilai-nilai kemanusiaan,” ujar Wabup Muqit saat berpidato di pembukaan FGD itu.

Dia berharap Jember menjadi sebuah kota yang memperhatikan semua kalangan, antar warga dengan warga, juga pimpinan dengan masyarakat saling memiliki rasa welas asih.

“Karena rasa welas asih ini perlu dikembangkan agar menjadikan masyarakat bahagia dan seluruh lapisan masyarakat bahagia. Jika rasa welas asih itu tidak ada, bagaimana kita akan meraih kebahagiaan,” tuturnya.

Jika upaya mewujudkan Jember sebagai Kota Welas Asih berhasil, maka akan dilakukan kerja sama dengan kota atau negara lain yang telah menerapkan kota welas asih.

Sementara itu, Dr. Haidar Bagir, Compassionate Action Indonesia, menjelaskan, FGD ini untuk menentukan program-program yang akan dikerjakan.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved