Pemkot Blitar Ingin Pasang 3.000 Kamera CCTV di Kawasan Rawan Kriminal

Targetnya ada 3.000 titik kamera CCTV yang dipasang di seluruh wilayah di Kota Blitar. Untuk tahun ini, akan kami pasang sekitar 300 unit

Pemkot Blitar Ingin Pasang 3.000 Kamera CCTV di Kawasan Rawan Kriminal
net
Ilustrasi kamera CCTV 

SURYA.co.id | BLITAR - Pemkot Blitar berencana memasang 300 titik kamera closed circuit television (CCTV) di sejumlah wilayah di Kota Blitar. Kamera CCTV itu untuk memantau situasi khususnya di sejumlah wilayah rawan kejahatan di Kota Blitar.

"Kami berencana memasang 300 titik kamera CCTV di sejumlah lingkungan tahun ini," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Blitar, M Aminurcholis, Jumat (11/10/2019).

Cholis mengatakan, CCTV itu akan dipasang di pintu masuk kampung, di tempat rawan kejahatan, di fasilitas umum, di ruang terbuka hijau, dan tempat keramaian. Pemasangan kamera CCTV itu untuk memantau situasi di sejumlah lokasi.

Dengan pemasangan kamera CCTV, Pemkot Blitar bisa memantau peristiwa yang terjadi di sejumlah lokasi. Misalnya, jika terjadi peristiwa kebakaran atau kejahatan jalanan, Pemkot Blitar bisa tahu pelaku dan kronologi kejadiannya.

"Kalau ada apa-apa, kami bisa langsung koordinasi dengan polisi maupun petugas keamanan lainnya. Kronologi kejadian juga terpantau dari rekaman kamera CCTV," ujarnya.

Dia menargetkan, ke depan ada sekitar 3.000 unit kamera CCTV yang dipasang di semua lingkungan di wilayah Kota Blitar. Pemasangan kamera CCTV itu akan dilakukan secara bertahap. "Targetnya ada 3.000 titik kamera CCTV yang dipasang di seluruh wilayah di Kota Blitar. Untuk tahun ini, akan kami pasang sekitar 300 unit dulu," katanya.

Kamera CCTV yang dipasang di sejumlah titik itu akan dipantau lewat ruang komando di kantor Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Kota Blitar. Pemkot sudah membangun ruang komando itu.

Sekarang, Pemkot Blitar sedang menyiapkan jaringan fiber optik untuk mendukung koneksi kamera CCTV dengan ruang komando. Pembangunan jaringan fiber optik masih berlangsung dan ditargetkan selesai akhir 2019 ini.

"Sekarang kami menyiapkan jaringan fiber optik-nya dulu. Akhir tahun pembangunan jaringan fiber optik sudah harus selesai," katanya.

Jaringan fiber optik ini sekaligus untuk mendukung pengembangan program smart city di Kota Blitar. Jaringan fiber optik akan dikoneksikan ke sejumlah instansi di lingkungan Pemkot Blitar.

"Dengan pembangunan jaringan fiber optik ini, kami berharap data di semua instansi di lingkungan Pemkot bisa terintegrasi," ujarnya. (sha)


Penulis: Samsul Hadi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved