Pemprov Jatim

Pajak Daerah Penopang Pembangunan Jatim, Bapenda Jatim Terus Melakukan Inovasi Pelayanan

Dukungan Realisasi PAD Bapenda terhadap realisasi Pendapatan Asli Daerah Provinsi Jatim dari tahun ke tahun cukup signifikan.

Pajak Daerah Penopang Pembangunan Jatim, Bapenda Jatim Terus Melakukan Inovasi Pelayanan
Foto: istimewa
CETTAR - Dengan beragam inovasi yang CETTAR ( Cepat, Efektif & Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel, dan Responsif), kepatuhan warga Jatim dalam membayar pajak kendaraan bermotor terus meningkat sehingga target penerimaan pajak daerah bisa tercapai. Tampak Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Sekdaprov Heru Tjahjono, dan Kepala Bapenda Jatim Budi Prijo Soeprajitno dalam acara yang digelar Bapenda Jatim. 

"JER BASUKI MAWA BEYA“ yang mempunyai arti “keberhasilan membutuhkan pengorbanan” terwujud dalam pajak daerah dari masyarakat Jawa Timur.

Pajak Daerah itulah yang digunakan untuk mencapai terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan seluruh warga Jatim.

Sejalan dengan Progam Nawa Bhakti Satya yang dicanangkan oleh Gubernur Jatim Hj Khofifah Indar Parawansa, pajak daerah digunakan untuk kesejahteraan masyarakat antara lain Program Pendidikan Gratis Berkualitas (TisTas), program Millenial Job Center (MJC), dan program penyediaan fasilitas kesehatan.

Jenis pungutan yang menjadi kewenangan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Bahan Bakar Kendaraan, Pajak Air Permukaan, Pajak Rokok, Retribusi Jasa Usaha dan Penerimaan Lain-Lain.

Bapenda Jatim memberikan kontribusi cukup besar bagi penerimaan pendapatan daerah serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Jatim.

Dukungan Realisasi PAD Bapenda terhadap realisasi Pendapatan Asli Daerah Provinsi Jatim dari tahun ke tahun cukup signifikan.

Tahun 2018 misalnya, realisasi penerimaan PAD Bapenda Jatim mencapai Rp 15.104.084.430.237.00 atau dengan persentase 81,50%. (selengkapnya lihat info grafis)

Data PAD Jatim

Inovasi Pelayanan
Masyarakat Jatim diajak turut serta berpartisipasi dalam membiayai pembangunan Jatim dengan berbagai kemudahan pelayanan pembayaran pajak yang disediakan oleh Bapenda Jatim.

Mulai dari masyarakat yang milenial, modern, hingga pelayanan yang berada di pelosok Jatim, semuanya dijangkau oleh layanan Bapenda Jatim.

Bapenda Jatim juga terus melakukan inovasi pelayanan, mulai dari pembayaran secara konvensional hingga kini sudah memasuki marketplace.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor tak perlu lagi harus ke Samsat, karena banyak sarana pembayaran yang dekat dengan wajib pajak, termasuk yang berada di luar Jatim. Cukup membayar di gerai Indomaret terdekat. 

Dengan beragam inovasi yang CETTAR ( Cepat, Efektif & Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif), tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor terus meningkat sehingga target penerimaan pajak daerah bisa tercapai.

Hingga kini tersedia beragam layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Samsat

Selain tersebarnya lokasi pembayaran pajak kendaraan bermotor, wajib pajak juga diberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran menggunakan EDC (Electronic Data Capture) dalam rangka mendukung Program Gerakan Non Tunai yang dicanangkan oleh pemerintah. (fz/fae/*)

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved