Berita Kediri

Jelang Pilkada Serentak 2020, Dewan Pers Pesan Hal ini saat Acara di Kediri

Agus Sudibyo, anggota Dewan Pers saat menjadi pemateri workshop yang digelar Dewan Pers di Hotel Insumo, Kota Kediri, Jumat (11/10/2019).

Jelang Pilkada Serentak 2020, Dewan Pers Pesan Hal ini saat Acara di Kediri
surya.co.id/didik mashudi
Agus Sudibyo, anggota Dewan Pers saat menjadi pemateri workshop yang digelar Dewan Pers di Hotel Insumo, Kota Kediri, Jumat (11/10/2019). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Menjelang pilkada serentak, insan pers diharapkan tidak menyebarkan hoak, tidak melakukan provokasi dan menyebarkan ujaran kebencian serta memancing keributan di masyarakat.

"Utamakan pemberitaan yang mendinginkan suasana. Ingat pilkada bisa lebih komplek dibandingkan dengan pilpres," ungkap Agus Sudibyo, anggota Dewan Pers usai menjadi pembicara Workshop Peliputan Pasca Pileg dan Pilpres di Hotel Insumo Kota Kediri, Jumat (11/10/2019).

Dijelaskan Agus Sudibyo, persaingan pada pilkada diprediksi bakal lebih keras lagi dibandingkan dengan pilpres.

Sehingga insan pers diharapkan dapat berperan sebagai mediator, katalisator, dan fasilitator dari arus informasi publik yang mencerahkan.

Diharapkan insan pers dapat berperan dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat untuk mengikuti pilkada dalam gelaran yang damai.

"Mari belajar dari pilpres, jangan sampai ada politik yang memecah belah bangsa. Insan pers harus lebih waspada," ungkapnya.

Jika ada nara sumber yang membuat pernyataan kontroversial harus dilakukan cek and ricek, konfirmasi dan verifikasi. Sehingga berita yang muncul merupakan berita yang telah terverifikasi.

"Peran pers yang paling penting mendinginkan suasana dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam coblosan," ungkapnya.

Selain itu pers bersama dengan pegiat LSM ikut serta mengawal dan mengawasi proses penghitungan suara, mulai level TPS, desa, kecamatan hingga KPU.

"Di Indonesia yang memiliki kemampuan mengawasi pilkada kalangan pers, mahasiswa dan LSM. Ketiga elemen harus kompak mengawasi kecurangan dalam pilkada," tandasnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved