Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

40 Persen Truk yang Beroperasi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Perlu Diremajakan, ini Alasan

Ketua Umum DPC Organda Khusus Tanjung Perak Surabaya, Kody Lamahayu Fredy, mengatakan, 40 persen itu mencapai 4.000 unit truk.

40 Persen Truk yang Beroperasi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Perlu Diremajakan, ini Alasan
surya.co.id/danendra kusumawardana
Antrean truk di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjelang diberlakukannya larangan truk yang melebihi kapasitas alias Over Dimension dan Over Load (ODOL)  di jalan umum menjadi catatan khusus bagi Organda Khusus Pelabuhan Tanjung Perak.

Hal itu tak lepas dari kondisi di lapangan di mana masih sekitar 40 persen dari lebih dari 9.000 truk angkutan di Pelabuhan Tanjung Perak yang butuh diremajakan, sehingga berpotensi masuk sebagai ODOL.

Ketua Umum DPC Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Khusus Tanjung Perak Surabaya, Kody Lamahayu Fredy, mengatakan, jumlah 40 persen itu bisa mencapai sekitar 4.000 unit truk.

"Menjelang diperlakukannya aturan ODOL dilarang operasional di tahun 2020, maka perlu dilakukan peremajaan pada sekitar 4.000 truk itu untuk tetap bisa operasional di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak," ungkap Kody.

Kody terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum DPC Organda Khusus Tanjung Perak periode 2019-2024 di Musyawarah Cabang (Muscab) IX Organda Khusus Tanjung Perak di Surabaya, Kamis (10/10/2019).

Lebih lanjut, Kody menyebutkan truk-truk yang tua dan berpotensi ODOL tersebut adalah truk-truk usia di atas 20 tahun.

Sosialisasi terkait pelaranagan ODOL sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu.

Sehingga para pengusaha sudah harus melakukan peremajaan secara cepat karena tahun 2020 hanya tinggal 2,5 bulan lagi.

Selain itu, truk-truk dalam kategori uzur tersebut, bisa dipastikan kondisinya akan jauh menurun, termasuk daya angkutnya juga kian melemah.

Selain renta, apabila truk tersebut tetap dipertahankan atau digunakan tanpa toleransi, diperlukan kecermatan dalam maintenance/perawatan/perbaikan truk usang tersebut.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved