Sambang Kampung

Sambang Kampung Tambak Arum Surabaya, Sterilkan Rumah dari Asap Rokok

Warga Kampung Tambak Arum RW 2 Kelurahan Tambakrejo memiliki kesadaran dalam menjaga perilaku bersih hidup dan sehat dari paparan asap rokok.

Sambang Kampung Tambak Arum Surabaya, Sterilkan Rumah dari Asap Rokok
surya/sugiharto
Warga menunjukkan kaleng tempat mematikan rokok sebelum masuk rumah di Tambak Arum III Surabaya, Rabu (9/10/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Warga Kampung Tambak Arum RW 2 Kelurahan Tambakrejo memiliki kesadaran dalam menjaga perilaku bersih hidup dan sehat, di antaranya yaitu mensterilkan rumah dari paparan asap rokok.

Para warga menamainya dengan gerakan matikan rokok sebelum masuk rumah (Gemar Orkes Masrum). Seperti yang terlihat di RT 1 dan RT 2. Di depan rumah warga, telah tergantung sebuah kaleng rokok bekas yang digunakan sebagai wadah puntung rokok.

Para penghuni rumah atau tamu, diwajibkan untuk mematikan rokok, membuangnya dalam wadah tersebut, dan kemudian membasuh tangan mereka dengan air sebelum memasuki rumah.

"Gerakan ini kami mulai sejak 2016. Melalui gerakan ini, kami berharap warga kampung semakin sadar akan bahaya asap rokok di dalam rumah," ungkap Hanik Romlah Wati, Kader Lingkungan RW 2 Kampung Tambak Arum.

Lanjutnya, gerakan tersebut dapat meminimalisir kejadian anak yang sakit akibat terpapar asap rokok yang ada di dalam rumah.

"Tempat sampah (untuk puntung rokok) terbuat dari kaleng tempat rokok yang kami ambil dari giras. Kan sudah tidak dipakai, jadi kami manfaatkan," Hanik mengatakan.

Lena Riri Melati, Faskel Tambakrejo, mengatakan, gerakan tersebut dirasa dapat mengurangi perokok yang ada di kampung.

"Alhamdulillah sekarang bisa berkurang. Kalau dulu, misalnya, merokok habis dua pak, sekarang sudah tidak," katanya.

Selain itu, ia juga berharap gerakan itu mampu mengurangi penderita TBC. Di kampung Tambak Arum, lanjutnya, sesuai data Puskesmas Tambaksari, banyak yang terjangkit TBC.

"Oleh karena itu semoga gerkan ini dapat mengajak warga untuk berpola hidup bersih dan sehat," ungkapnya.

Indah Winarni, Korcam Tambakrejo mengucap syukur atas kesadaran warga Tambak Arum dalam berperilaku sehat.

"Mungkin barangkali dulu banyak yang protes. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak yang menuai manfaat dan sadar bahwa menjaga lingkungan memang penting. Apalagi di sini banyak anak-anak," ungkapnya.

Gerakan itu pun memang disambut baik oleh masyarakat. Suparman, ketua RT 2 RW 2 Kampung Tambak Arum mengatakan, kini rumah warga semakin segar karena terbebas dari asap rokok.

"Dulu, di kampung ini ada anak kecil yang sesak napas karena asap rokok, ada anggota keluarga yang merokok di dalam ruang tamu. Dengan adanya gerakan ini, dapat lebih menjaga kesehatan anggota keluarga. Masyarakat sangat mendukung," tuturnya.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved