Berita Surabaya

Peringatan HUT Ke-74 Jatim, Diawali Tahlil Qubro di Bakorwil Madiun, Khofifah: Hadiah untuk Pahlawan

Mengawali rangkaian peringatan HUT Provinsi Jawa Timur ke-74, Pemprov Jawa Timur menggelar kegiatan tafakur dengan menyelenggarakan Tahlil Qubro.

Peringatan HUT Ke-74 Jatim, Diawali Tahlil Qubro di Bakorwil Madiun, Khofifah: Hadiah untuk Pahlawan
surya.co.id/fatimatuz zahro
Mengawali rangkaian peringatan HUT ke-74 Provinsi Jawa Timur, digelar malam tafakur yang diisi Tahlil Qubro di halaman Bakorwil Madiun yang dihadiri Gubernur Khofifah, Kamis malam (10/10/2019). 

SURYA.CO.ID | MADIUN - Mengawali rangkaian peringatan HUT Provinsi Jawa Timur ke-74, Pemprov Jawa Timur menggelar kegiatan tafakur dengan menyelenggarakan Tahlil Qubro di halaman Gedung Bakorwil Madiun, Kamis (10/10/2019) malam.

Bersama sekitar seribu jamaah pengajian dan masyarakat di sekitar Kota dan Kabupaten Madiun, kegiatan yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran OPD tersebut, para jamaah khusyuk dalam bacaan tahlil dan doa bersama. Yang dilakukan sebagai upaya mendoakan Jawa Timur dan bangsa Indonesia.

"Kita memulai rangkaian HUT Jatim ke 74 dengan tahlil qubro. Malam ini kita ingin memberikan hadiah pada mereka para pahlawan Jawa Timur yang telah memberikan dedikasi membangun Jawa Timur hingga jadi seperti saat ini," kata Gubernur Khofifah membuka rangkain tahlil qubro.

Menurutnya bagi seluruh tokoh yang memberikan dedikasi pada Jawa Timur, yang masih sehat, biasanya diundang ke Gedung Negara Grahadi saat upacara peringatan HUT Jawa Timur.

Namun bagi yang sudah wafat, maka hadiah yang bisa dipersembahkan pada para tokoh yang berjasa membangun Jawa Timur adalah kiriman doa berupa tahlil qubro ini.

"Kalau yang masih sugeng, maka bisa hadir saat upacara. Tapi bagi mereka yang sudah wafat, maka kita hadiahkan doa dan tahlil ini pada beliau beliau yang sudah mendahului kita," kata gubernur perempuan Jawa Timur ini.

Kegiatan tahlil qubro ini menjadi awalan. Besok, rencananya Gubernur Khofifah akan melakukan ziarah ke makam Gubernur Suryo atau Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo yang ada di Magetan. Beliau adalah gubernur pertama Jawa Timur begitu Indonesia di tahun 1945 hingga tahun 1948.

Tidak hanya itu, di hari H peringatan HUT Jawa Timur ke 74 pada tanggal 12 Oktober 2019 akan dilakukan dengan upaacara di Grahadi. Dan kemudian puncaknya di hari Minggu 13 Oktober 2019 akan dilaksanakan Pesta Rakyat lengkap dengan kuliner gratis dan panggung hiburan rakyat dengan menghadirkan penyanyi ibukota.

"Dengan kita membacakan tahlil, maka artinya kita melaksanakan Pancasila," kata Khofifah.

Lebih lanjut Kepala Bakorwil Madiun Gatot Gunarso mengatakan bahwa kegiataan tahlil kubro ini dilaksanakan untuk mendoakaan bangsa agar selalu kondisi yang terlindungi dilindungi. Serta agar selalu terwujud persatuan masyarakat yang adil dan makmur.

"Serta kita ingin mendoakan agar Provinsi Jatim di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah bisa lancar untuk mewujudkan Nawa Bhakti Satya menuju visi masyarakat Jatim yang unggul, berakhlaq, dan mendoakan para pahlawan yang telah mendahului kita," tegas Gatot.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved