Berita Blitar

Pembentukan AKD di DPRD Kota Blitar Alot, Fraksi Indonesia Bersatu Belum Kirim Usulan Anggota

Rapat paripurna DPRD Kota Blitar untuk pembentukan alat kelengkapan dewan yang rencananya dilakukan pada hari Kamis (10/10/2019)ini ditunda

Pembentukan AKD di DPRD Kota Blitar Alot, Fraksi Indonesia Bersatu Belum Kirim Usulan Anggota
SURYA.co.id/Samsul Hadi
Rapat paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan di DPRD Kota Blitar yang rencananya dilaksanakan pada Kamis (10/10/2019), akhirnya ditunda. 

SURYA.co.id | BLITAR - Proses pembentukan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) di DPRD Kota Blitar masih alot.

Rapat paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan yang rencananya dilakukan pada hari Kamis (10/10/2019) ini, ditunda karena masih ada satu fraksi yang belum menyampaikan anggotanya yang duduk di komisi.

"Kami tunda, karena masih ada sedikit kendala. Sampai sekarang fraksi Indonesia Bersatu belum menyampaikan anggotanya yang duduk di komisi," kata Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim.

Syahrul mengatakan, sesuai aturan tata tertib (tatib) pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) dilakukan setelah komisi terbentuk.

Sebab, usulan anggota yang duduk di alat kelengkapan dewan bukan hanya dari fraksi, tapi juga dari komisi.

"Rapat paripurna kami tunda sampai Sabtu (12/10/2019). Kami menunggu usulan dari Fraksi Indonesia Bersatu," ujarnya.

Sekretaris Fraksi Indonesia Bersatu, Ito Tubagus Aditya mengatakan alasannya belum mengusulkan anggota yang duduk di komisi karena tatib pembentukan alat kelengkapan dewan sampai sekarang belum ada.

Pembentukan tatib masih proses konsultasi ke Gubernur Jatim.

"Bukan maksud kami menghambat proses pembentukan AKD. Tapi tatib untuk pembentukan AKD belum ada, masih di Gubernur. Kalau AKD tetap disusun apa tidak menyalahi aturan," katanya.

Ito mengaku sudah menanyakan hal itu ke pimpinan dewan. Menurutnya, pimpinan dewan mengatakan pembentukan AKD berdasarkan aturan lama, yaitu, PP Nomor 16 Tahun 2010. Padahal, sudah ada aturan baru, yaitu, PP Nomor 12 Tahun 2018.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved