Mobil Sehat Keliling Layani Pengobatan Gratis di Desa Sekitar Pengeboran

Sejumlah desa di sekitar lokasi pengeboran PT Minarak Brantas Gas mendapat layanan kesehatan gratis melalui Mobil Sehat Keliling.

Mobil Sehat Keliling Layani Pengobatan Gratis di Desa Sekitar Pengeboran
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Petugas melayani pengobatan gratis melalui Mobil Sehat Keliling di desa-desa sekitar lokasi pengeboran PT Minarak Brantas Gas di Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sejumlah desa di sekitar lokasi pengeboran PT Minarak Brantas Gas mendapat layanan kesehatan gratis melalui Mobil Sehat Keliling.

Dua hari terakhir, layanan kesehatan itu dipusatkan di empat desa di Kecamatan Porong, Sidoarjo.

Setelah Rabu (9/10/2019) di Desa Kedungboto dan Desa Pesawahan, pada Kamis (10/10/2019) giliran Desa Candipari dan Desa Wunut.

Program tersebut merupakan hasil kerjasama Minarak Brantas Gas bersama Bakrie Amanah. Modelnya digelar di masing-masing balai desa setempat dengan menerjunkan belasan tenaga medis dan satu unit layanan mobil sehat keliling.

Warga terlihat antusias memanfaatkan program tersebut. Mereka berdatangan untuk memeriksakan kesehatannya, mulai dari cek tensi darah, diabetes, gigi, dan sejumlah keluhan penyakit lain.

Mereka yang sudah diperiksa kemudian mendapatkan obat-obatan sesuai dengan penyakit yang dikeluhkan.

Pengobatan gratis di Desa Kedungboto dan Pesawahan dihadiri 181 warga dan 22 ibu hamil. Mayoritas yang memeriksakan kesehatannya adalah kelompok lanjut usia (lansia).

Sementara pengobatan gratis di Desa Candipari dihadiri 122 lansia dan 10 ibu hamil. Demikian pula pengobatan gratis di Desa Wunut juga dihadiri lebih dari 100 warga.

Dalam pengobatan gratis ini juga ada pelayanan pemeriksaan ultrasonografi (USG) bagi ibu-ibu hamil. Pemeriksaan USG ini untuk memantau pertumbuhan janin.

“Program ini sangat membantu, apalagi di desa kami masih banyak ibu hamil usianya di atas 35 tahun dan awam masalah kehamilan serta USG,” kata Dewi Purwati, warga Desa Kedungboto.

Hal serupa disampaikan Yusuf, Kepala Desa Kedungboto. Pihaknya berharap, kegiatan yang bermanfaat seperti ini bisa dilakukan lagi di kemudian hari, dengan jumlah penerima manfaat yang lebih banyak.

Semwntara menurut Manager Public Relations Minarak Brantas Gas Arief Setyo Widodo, program pelayanan kesehatan gratis ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan pengeboran gas tersebut.

Disebut dia, kegiatan serupa juga sudah pernah dilakukan sebelumnya di Desa Kedungbanteng, Kalidawir, Penatarsewu dan Banjarasri Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa serta pihak Minarak Brantas Gas dan Bakrie Amanah,” kata Arief.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved