Grahadi

Pemprov Jatim

Jatim Fair 2019 Diharapkan sebagai Ajang Pertemuan Pelaku UMKM dengan Pembeli Luar Negeri

Seminar Internasional bertema Merajut Peluang dan Strategi Ekspor Produk Jawa Timur Menembus Pasar Internasional di Grand City Surabaya.

Jatim Fair 2019 Diharapkan sebagai Ajang Pertemuan Pelaku UMKM dengan Pembeli Luar Negeri
foto: istimewa/humas pemprov jatim
Arumi Emil Dardak dalam seminar internasional bertema Merajut Peluang dan Strategi Ekspor Produk Jawa Timur Menembus Pasar Internasional di Grand City Surabaya, Rabu (9/10/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur Arumi Emil
Elestianto Dardak mengharapkan Jatim Fair mampu mempertemukan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pembeli luar negeri.

“Jadi harapannya Jatim Fair ini dapat mempertemukan UMKM dengan potensi buyer,
especially dari luar negeri," kata Arumi Emil Dardak.

"Jadi harapannya hal-hal seperti ini akan membantu dan menjadi bagian dari fasilitasi pemerintah untuk pelaku UMKM,” imbuh Arumi.

Hal itu dikatakan Arumi Emil Dardak seusai menjadi pembicara Seminar Internasional bertema Merajut Peluang dan Strategi Ekspor Produk Jawa Timur Menembus Pasar Internasional di Grand City Surabaya, Rabu (9/10/2019).

Dia menjelaskan, dengan bertemunya para pelaku UMKM dengan pembeli dari luar negeri akan membawa angin segar bagi mereka.

Sehingga, nantinya produk- produk para pelaku usaha akan dikenal di luar negeri dan akan berpengaruh pada usaha dan
perekonomiannya.

Dirinya menambahkan, penyelenggaraan Jatim Fair juga diharapkan mampu mendorong minat masyarakat yang belum memiliki keinginan bergelut di dunia usaha untuk dapat terjun dan mengambil peran di dunia usaha.

“Menyemangati yang belum menjadi pelaku UMKM menjadi pelaku UMKM,”
lanjutnya.

Lebih lanjut, Arumi Emil Dardak menjelaskan, para pelaku UMKM semestinya memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan perekonomian di Jatim.

Jika pangsa pasar mereka bisa mencapai luar negeri atau sampai pada tingkat ekspor, maka akan
berpengaruh pada pertumbuhan perekonomian di Jatim.

“UMKM itu kan tulang punggungnya Jawa Timur secara ekonomi,” jelasnya.

Selain itu, Arumi Emil Dardak menyampaikan bahwa untuk menghadapi tantangan yang ada, Pemerintah Provinsi Jatim akan terus berupaya memberikan layanan dan pendampingan pada pelaku UMKM agar mereka dapat mengembangkan produk dan melebarkan pasar mereka sampai menembus pasar mancanegara.

“Kami Pemerintah Provinsi Jawa Timur beriring dengan UMKM berusaha akan memfasilitasi full apa yang dibutuhkan UMKM itu sendiri,” katanya.

Terkait perkembangan UMKM di Jatim, Arumi menjelaskan, bahwa setiap tahunnya mengalami peningkatan yang baik dan menunjukkan tren positif.

“Kalau perkembangan UMKM dari tahun ke tahun saya melihat satu yang pasti kualitasnya dari hari ke hari itu semakin baik, variasinya semakin banyak, inovasinya juga semakin banyak, makin berkreasi,” pungkasnya.

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved