Berita Nganjuk

Empat OPD Pemkab Nganjuk Dinilai Berkinerja Baik Hasil Evaluasi Sistem SIPPN Kementerian PAN-RB

Ini setelah dari tiga OPD Pemkab Nganjuk yang ditarget dalam program SIPP oleh KemenPAN-RB, ternyata ada empat OPD yang menunjukkan kinerja baik.

Empat OPD Pemkab Nganjuk Dinilai Berkinerja Baik Hasil Evaluasi Sistem SIPPN Kementerian PAN-RB
surya.co.id/ahmad amru muiz
ASN/PNS Pemkab Nganjuk yang ada di empat OPD dinilai KemenPAN-RB bekerja dengan baik dalam evaluasi program SIPPN yang dilakukan terhadap 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 

SURYA.CO.ID | NGANJUK - Hasil evaluasi Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tunjukkan Kabupaten Nganjuk dinilai berkinerja baik.

Ini setelah dari tiga OPD Pemkab Nganjuk yang ditarget dalam program SIPP oleh KemenPAN-RB, ternyata ada empat OPD yang menunjukkan kinerja baik.

Keempat OPD Pemkab Nganjuk yang mendapat penilaian SIPP berkinerja baik dari KemenPAN-RB yakni Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Puskesmas Berbek, dan Puskesmas Patianrowo.

Untuk SP4N-Lapor dari 80 laporan pengaduan masyarakat sebanyak 71 pelaporan atau 97,5 persen telah ditindaklanjuti OPD.

Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat mengatakan, kinerja yang baik dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik tersebut merupakan bukti dari komitmen pelayanan publik dan reformasi birokrasi yang telah dicanangkan di Kabupaten Nganjuk dan tertuang dalam Misi ke 2 RPJMD Kabupaten Nganjuk Tahun 2018-2023.

"Meningkatkan kinerja birokrasi yang bersih, profesional dan akuntabel demi masyarakat Kabupaten Nganjuk yang efektif dan efisien melalui penyelenggaraan Pemerintahan yang aspiratif, partisipatif dan transparan menjadi tujuan utama kami dalam menjalankan roda Pemerintahan," kata Novi Rahman Hidhayat melalui Kabag Humas Pemkab Nganjuk, Asti Widyartini, kemarin.

Seperti diketahui, SIPP merupakan media informasi elektronik satu pintu yang meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat.

Sedangkan SP4N-LAPOR merupakan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan laporan kepada Pemerintah Kabupaten Nganjuk.

Dimana Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi atau pengaduan kepada Pemkab Nganjuk melalui website http://wadulmasnovi.nganjukkab.go.id/, atau SMS dengan format KAB.NGANJUKISI ADUAN kirim ke nomor 1708, atau hubungi Radio Suara Anjuk Ladang 105,3 FM di Jalan Merdeka Nomor 21 Kelurahan Mangundikaran Nganjuk (Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika) no telpon / WA 0813-3175-5095, atau melalui aplikasi Android yang dapat diunduh pada https://play.google.com/store/apps/details.

Sementara itu, Kementerian PAN-RB menyelenggarakan monitoring dan evaluasi serta pendampingan intensif Sistem lInformasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N-LAPOR!) bagi 38 Kabupaten dan kota di Jawa Timur, pada 3 Oktober 2019 di Kantor Gubernur Jawa Timur lalu.

Dalam kegiatan tersebut hadir Bagian Organisasi, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Komunikasi dan Informasi, dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dari 38 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.

Asdep Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistim Informasi Pelayanan Publik KemenPAN-RB, M Imanuddin mengatakan, kegiatan evaluasi program pelayanan publik di daerah sebagai upaya untuk memaksimalkan kualitas pelayanan Pemerintahan kepada masyarakat. 

Dimana dengan semakin meningkatnya pelayanan dari aparatur Pemerintahan maka tujuan maksimal dari penyelenggaraan pelayanan publik bisa tercapai.

"Program SIPP dan SP4N-LAPOR! diharapkan dapat menjawab tantangan bagi pemerintah untuk mentransformasi penyelenggaraan publik secara efektif, efisien, dan terintegrasi secara nasional,” tutur M Imanuddin.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved