Berita Jember

Wagub Jatim Ingin Jember Jadi Penggerak Ekonomi di Kawasan Tapal Kuda

Emil menegaskan, Jember harus memanfaatkan sumber daya tersebut untuk menjadikan Jember memiliki daya ungkit.

Wagub Jatim Ingin Jember Jadi Penggerak Ekonomi di Kawasan Tapal Kuda
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Wagub Jatim, Emil E Dardak saat berada di Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meminta Pemkab Jember tidak menyia-nyiakan sumber daya yang dimiliki Kabupaten Jember.

Sumber daya yang telah ada di Jember antara lain perguruan tinggi, pusat penelitian, Bank Indonesia, juga lembaga lain yang berkantor di Jember.

Emil menegaskan, Jember harus memanfaatkan sumber daya tersebut untuk menjadikan Jember memiliki daya ungkit.

"Terutama untuk membuat daya ungkit bagi daerah sekitar. Jember harus memanfaatkan posisi strategis ini, posisinya ada di tengah, juga memiliki sejumlah sumber daya. Karena memang konsepnya secara ekonomi, Jember ini sudah maju duluan. Nah, bagaimana sekarang, tidak menyia-nyiakan sumber daya ini, dan menjadikannya daya ungkit," tegas Emil seusai mengisi seminar nasional di FKIP Universitas Jember, Rabu (9/10/2019).

Emil menegaskan, Kabupaten Jember harus menjadi motor penggerak perekonomian di kawasan Tapal Kuda. Salah satu yang dilakukan adalah memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sebagai daya tarik bagi daerah di sekitarnya.

"Jember bisa menjadi pusat 'knowledge center', tidak hanya 'logistic center' saja. Ini harus digali bersama. Knowledge center itu bagaimana Jember menyiapkan sumber daya manusia yang nantinya bisa menjadi daya ungkit ekonomi bagi daerah di sekitar," tegas Emil.

Salah satu dukungan yang dilakukan Pemprov Jatim bagi Jember adalah keberadaan Bakorwil V Pemprov Jatim di Jember. Bakorwil V itu nantinya akan menjadi 'East Java Super Corridor' (EJSC). Melalui EJSC, layanan Pemprov Jatim didekatkan kepada masyarakat melalui Bakorwil V di Jember.

"Ada 13 perizinan dari 19 perizinan di Pemprov yang didekatkan kepada masyarakat melalui Bakorwil V, melalui East Java Super Corridor ini. Di situ juga ada klinik HAKI, informasi lowongan kerja, training center, juga terkait layanan BPOM. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pemprov Jatim untuk Kabupaten Jember," tegas Emil.

Dukungan tersebut, lanjutnya, diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jember, dan daerah sekitar seperti Bondowoso, Lumajang, dan Banyuwangi.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved