Berita Trenggalek

Tahun Depan, 80.000 Bidang Tanah di Kabupaten Trenggalek akan Tersertifikat

Hingga saat ini, jumlah lahan belum tersertifikatkan kisaran 200.145 bidang atau setara 43 persen dari total lahan yang ada.

Tahun Depan, 80.000 Bidang Tanah di Kabupaten Trenggalek akan Tersertifikat
surya.co.id/aflahul abidin
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ketika memberi arahan dalam kegiatan Pengarahan Bupati Trenggalek dalam Meningkatkan Jumlah Sertifikat Tanah melalui PTSL di Kantor Pertanahan, Rabu (9/10/2019). 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Kantor Pertanahan menargetkan 80.000 bidang tanah di Kabupaten Trenggalek tersertifikatkan melalui program Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun depan.

Hingga saat ini, jumlah lahan belum tersertifikatkan kisaran 200.145 bidang atau setara 43 persen dari total lahan yang ada.

Apabila target 2020 itu dapat terpenuhi, Kantor Pertanahan optimistis seluruh lahan yang ada di Bumi Minak Sopal bisa memiliki sertifikat.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, pemkab akan mendorong kepala desa untuk aktif mengajak warga mengurus sertifikat tanah via program PTSL.

Dorongan itu disampaikan dalam acara Pengarahan Bupati Trenggalek dalam Meningkatkan Jumlah Sertifikat Tanah melalui PTSL di Kantor Pertanahan Trenggalek, Rabu (9/10/2019).

“Kami mendorong kepala desa untuk bisa membantu masyarakat yang ingin menyertifikatkan tanah melalui PTSL agar lebih fleksibel. Pemkab pastikan agenda desa bisa ter-suport. Tapi desa tolong juga suport agenda strategis nasional ini,” kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Menurut dia, saat ini pemahaman masyarakat terhadap pentingnya lahan tersertifikasi lebih tinggi.

Namun, itu perlu didorong oleh kepala desa dan kelompok masyarakat sebagai fasilitator.

“Kalau biasanya mengurus sendiri, untuk satu bidang bisa Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Sementara lewat program ini, hanya perlu berkontribusi untuk pemasangan patok dan sebagainya,” imbuhnya.

Dari sekitar 80.000 sertifikasi lahan di tahun depan, pemkab akan membantu pendanaan lewat APBD untuk sekitar 20.000 lahan.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved