Pembangunan Tol Probolinggo - Lumajang Langkah Awal Dongkrak Pariwisata Bromo Lewat Lumajang

pembangunan jalan tol Probolinggo - Lumajang ini untuk mendorong dan menopang dibukanya jalur baru wisata ke arah Senduro Kabupaten Lumajang.

Pembangunan Tol Probolinggo - Lumajang Langkah Awal Dongkrak Pariwisata Bromo Lewat Lumajang
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Wagub Jatim, Emil E Dardak saat berada di Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Pembangunan jalan tol Probolinggo - Lumajang termasuk satu ruas jalan tol yang diajukan oleh Pemprov Jatim ke pemerintah pusat di tahun 2019 ini.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak mengatakan, pembangunan jalan tol Probolinggo - Lumajang ini untuk mendorong dan menopang dibukanya jalur baru wisata ke arah Senduro Kabupaten Lumajang.

Jalur wisata menuju Senduro itu nantinya untuk mendongkrak pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dari arah Lumajang.

Termasuk di dalamnya ada wisata ke sejumlah tempat lain di seputaran TNBTS, seperti B-29 juga Pura Mandara Giri Semeru Agung, yang bakal dikembangkan sebagai wisata heritage.

"Tol Probolinggo - Lumajang itu nantinya untuk mendorong pembukaan jalur baru ke Senduro. Karena berbicara Bromo itu tidak hanya Penanjakan yang sudah crowded, namun bisa lewat Senduro yang di dalamnya ada B-29 juga pura tertua yang bernilai heritage. Bayangkan jika cruise bersandar di Probolinggo, kemudian menuju Bromo lewat Probolinggo - Lumajang yang macetnya kayak gitu. Sehingga keberadaan tol ini sangat menunjang itu. Jika ada tol, maka wisatawan tidak hanya ke Sukapura saja, namun bisa lewat Senduro jika ada tol tersebut," tegas Emil seusai menjadi pembicara di seminar nasional di FKIP Universitas Jember, Rabu (9/10/2019).

Pembangunan tol tersebut bertahap. Selain mengusulkan pembangunan tol Probolinggo - Lumajang, Pemprov Jatim juga mendorong adanya sodetan tol dari Kabupaten Situbondo ke Kabupaten Bondowoso. Sodetan itu tersambung dengan ruas tol Probolinggo - Banyuwangi (Probowangi) di ruas Situbondo.

"Yang juga kami dorong nantinya ada sodetan tol dari Situbondo ke Bondowoso. Ini juga sebagai upaya percepatan ekonomi. Jadi bagi warga Jember bisa memilih untuk lewat tol Bondowoso, atau Lumajang," kata Emil.

Adanya sejumlah insfrastruktur jalan tol di sekitar Jember itu, lanjut Emil, harus bisa dimanfaatkan oleh Kabupaten Jember yang sudah memiliki sejumlah sumber daya, seperti perguruan tinggi, pusat penelitian, dan sejumlah perkantoran instansi di pemerintah pusat.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved