Citizen Reporter

Cara Mudah Menulis, Mulai dari Menuangkan Curhatan Menjadi Tulisan

Tulisan deskripsi yaitu tulisan yang menggambarkan suatu objek secara terperinci agar pembaca bisa ikut merasakan apa yang ditulis.

Cara Mudah Menulis, Mulai dari Menuangkan Curhatan Menjadi Tulisan
ist/citizen reporter
Cara Mudah Menulis, Mulai dari Menuangkan Curhatan Menjadi Tulisan - Perpustakaan Kelurahan Ngagel Rejo 

SURYA.co.id - Perpustakaan Kelurahan Ngagel Rejo, Surabaya, mengadakan pembinaan pelatihan menulis untuk para pengunjung Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di wilayah Ngagel Rejo, Ngagel, dan Jagir, Minggu (5/10/2019).

Pelatihan itu sebagai kelanjutan dari program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya, yaitu menciptakan 1.000 bibit penulis dan 1.000 bibit pendongeng.

Peserta usia SD dan menengah pertama sejumlah 22 anak belajar cara menuangkan curhatan menjadi sebuah tulisan yang menarik.

Salah satu caranya, yaitu dengan membuat tulisan deskripsi.

Tulisan deskripsi yaitu tulisan yang menggambarkan suatu objek secara terperinci agar pembaca bisa ikut merasakan apa yang ditulis.

Itu diawali dengan belajar mendeskripsikan seseorang dan suasana.

Menurut Vivi Sulviana selaku narasumber, penggambaran suatu objek dapat dilakukan dengan mengungkapkan perincian khusus dan kesan yang ditangkap panca indera.

Dengan melatih kepekaan panca indera, peserta bisa menuliskan apa yang dilihat, dicium, dirasakan, dan didengar.

Kegiatan pelatihan menulis ini berlangsung pukul 13.00–14.30 di ruang Perpustakaan Kelurahan Ngagel Rejo.

Menulis deskripsi bisa membantu orang menyampaikan sesuatu secara terperinci, tidak hanya sebatas siapa saja yang terlibat dalam sebuah kejadian, tetapi juga penggambaran suasana saat kejadian.

Pelatihan itu memberi manfaat kepada peserta agar mampu menghasilkan sebuah tulisan yang lebih jelas sehingga pembaca bisa menangkap pesan yang ingin disampaikan. Selain itu, mereka ikut merasakan apa yang ditulis.

Selain itu, peserta juga diharapkan mampu menuangkan curahan hatinya melalui tulisan sehingga dapat mencegah mereka untuk mencurahkan isi hati dengan cara yang tidak baik.

Dengan terus berlatih menulis, tentu saja kegiatan membaca juga harus terus dilakukan guna menambah wawasan serta perbendaharaan kata.

Nur Hayati
Petugas Perpustakaan Kelurahan Ngagel Rejo
Anggota FLP Surabaya
perpusngagelrejo@gmail.com

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved