Berita Surabaya

Cak Ji Dorong Ekonomi Kerakyatan Melalui Jajanan Pasar, Ini Tujuannya

Anggota DPRD Jatim, Armuji, mendorong terciptanya banyak destinasi untuk tumbuhnya ekonomi kerakyatan di Kota Surabaya melalui jajanan pasar.

Cak Ji Dorong Ekonomi Kerakyatan Melalui Jajanan Pasar, Ini Tujuannya
istimewa
Anggota DPRD Jatim yang juga bakal calon wakil wali kota Pilwali Surabaya 2020 dari PDIP, Armuji, saat menemui pedagang kue di Pasar Kue Basah di Pasar Kembang Rabu (10/10/2019) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Anggota DPRD Jatim, Armuji, mendorong terciptanya banyak destinasi untuk tumbuhnya ekonomi kerakyatan di Kota Surabaya. Saat ini mulai tumbuh ekonomi kerakyatan di Kota Pahlawan ini melalui jajanan pasar.

Mantan Ketua DPRD Surabaya ini Rabu (10/10/2010) dini hari tadi menyempatkan diri menyapa warga Kota Surabaya di sentra jajan pasar di Pasar Kembang Surabaya. Pukul 02.30 WIB, bakal calon wakil wali kota dari PDIP ini sudah berbaur dengan pedagang.

Cak Ji menyapa dan menemui sekitar 100 pedagang yang khusus menjual jajan pasar. Pasar Kembang adalah destinasi baru ekonomi kerakyatan yang dibangun Pemkot Surabaya. Di pasar ini khusus menjual jajan dan kue basah. 

Ratusan jenis jajan pasar seperti Lemper bakar, lapis, Kucur, klepon, arem-arem, jenang jagung, kue lumpur, dan semua jenis jajanan basah komplit ada di Pasar Kembang.

Yang menarik, jajan pasar ini hanya buka pada dini hari. Menjelang pukul 05.00 WIB sudah banyak yang habis.

Jangan berharap akan kebagian jajan jika datang ke pasar khusus itu pukul 06.00 WIB.

"Ini yang mendorong saya untuk menjadi bagian dari para pelaku ekonomi kerakyatan di Surabaya. Mereka, pedagang jajan ini dini hari sudah geliat saat yang lain istirahat," ucap Cak Ji.

Salah satu peraih suara terbanyak di DPRD Jatim dengan 136.000 suara itu dini hari itu juga menemani para pedagang melayani pelanggan.

Cak Ji menjadi saksi pada ibu-ibu dan pedagang jajan yang tangguh.

Mereka mendulang perekonomian keluarga.

"Pasar-pasar khas begini yang harus diperkuat dan diperbanyak. Tidak saja pergerakan ekonomi dini hari yang menggeliat, tapi jajanan pasar dini hari ini bisa menjadi destinasi wisata unik kota," ungkap Cak Ji.

Pasar Kembang dini hari semacam sentra kulakan jajan pasar dan kue basah.

"Ekonomi bergerak berantai. Lebih dari setengah jam saya bersama pedagang," jelas Cak Ji.

Pedagang dari berbagai wilayah di Surabaya tumpah ruah di situ.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved