Berita Gresik

BKSDA Jatim akan Terjunkan Tim ke Lokasi Buaya di Lamongan, Warga Diimbau Tak Lakukan ini

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah II Jawa Timur akan menerjunkan tim untuk melihat tempat buaya muncul di Sungai Bengawan Solo.

BKSDA Jatim akan Terjunkan Tim ke Lokasi Buaya di Lamongan, Warga Diimbau Tak Lakukan ini
surya.co.id/sugiyono
Kepala BKSDA Wilayah II Jatim Wiwid Widodo menerima titipan burung dilindungi hasil tangkapan Polres Gresik, Selasa (8/10/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah II Jawa Timur akan menerjunkan tim untuk melihat tempat buaya muncul di Sungai Bengawan Solo, Desa Konang, Kecamatan Glagah Lamongan.

Kepala BKSDA Wilayah II Jawa Timur Wiwid Widodo mengatakan, dari informasi yang baru didengar ini.

BKSDA akan menerjunkan tim untuk melihat lokasi buaya muncul.

Sedang warga diimbau untuk tidak mendekati lokasi karena dikhawatirkan terjadi korban.

Rencananya, dari kunjungan tim BKSD itu dapat diketahui, apakah tempat buaya muncul tersebut merupakan habitatnya atau tidak.

Ciri-ciri sebagai habitat buaya muara yaitu ada muara sungai sebagai tempat bertemunya air asin dan air tawar, letaknya dekat dengan sumber pangan.

"Biasanya di muara laut ada mangrove, ada hewan bertulang belakang, seperti ikan dan burung bangau yang menjadi sumber pangannya buaya," kata Widodo, saat di Mapolres Gresik, Selasa (8/10/2019).

Kalau memang itu sebagai habitatnya, Widodo menghimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di dekat habitat buaya.

"Nanti bisa muncul konflik antara buaya dengan masyarakat, sehingga terjadi korban," imbuhnya.

Beberapa tahun ini, BKSDA Wilayah II Jawa Timur sudah menangani keberadaan buaya di sungai. Diantaranya, di Sungai Porong Sidoarjo. Kemudian di muara Wonorejo mangrove, di Pulau Bawean dan kemudian di Lamongan.

"Kalau buaya muara itu, maka penyebarannya sebagian di sebelah Utara Pulau Jawa," katanya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved