Berita Jember

Jelang Akhir Tahun, Serapan Anggaran Dinkes Jember masih 34 Persen, Dewan Lakukan Hal ini

Menurut plt Kepala Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini, serapan anggaran mencapai 34 persen dari total anggaran sekitar Rp 500 miliar.

Jelang Akhir Tahun, Serapan Anggaran Dinkes Jember masih 34 Persen, Dewan Lakukan Hal ini
surya.co.id/sri wahyunik
Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini menjelaskan serapan anggaran di Dinkes Jember 34 persen dari total anggaran sekitar Rp 500 miliar. 

Surya.co.id | JEMBER - Menjelang akhir tahun, serapan anggaran dan belanja daerah di Dinas Kesehatan Jember masih terbilang rendah hingga akhir September 2019.

Menurut plt Kepala Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini, serapan anggaran mencapai 34 persen dari total anggaran sekitar Rp 500 miliar di Dinkes Jember.

Hal ini diketahui ketika Dinkes Jember melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi D DPRD Jember, Selasa (8/10/2019).

"Serapan anggaran, termasuk yang sudah terbayarkan sampai akhir September kemarin mencapai 34 persen dari total anggaran sekitar Rp 500an miliar. Itu baik belanja langsung dan tidak langsung," ujar Dyah.

Dia mengakui serapan masih belum tinggi hingga menjelang akhir tahun. Sebab sejumlah pekerjaan, lanjutnya, masih berlangsung. Pembayaran dilakukan masih untuk termin pertama.

"Jadi masih untuk uang muka saja. Semoga sampai akhir masa pemakaian anggaran, bisa terserap lebih tinggi," ujar Dyah.

Serapan untuk kegiatan fisik yang terbilang besar untuk Belanja Langsung adalah renovasi fasilitas kesehatan, baik Puskesmas dan Puskesmas Pembantu.

Menurut Dyah ada 75 fasilitas kesehatan yang direnovasi tahun 2019. Anggaran renovasinya mencapai Rp 107 miliar.

Dari 75 Faskes itu, imbuh Dyah, dipastikan ada dua Faskes yang tidak bisa direnovasi karena tanahnya masih bermasalah. "Jadi nanti pasti akan ada efisiensi," lanjutnya.

Dyah menegaskan, supaya kejadian tahun 2018 tidak terulang lagi, yakni 'tertundanya' pembayaran proyek di Dinkes, dirinya selalu menyelesaikan setiap laporan pertanggungjawaban yang masuk ke mejanya.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved