Berita Trenggalek

Pemkab Buka Donasi untuk Warga Trenggalek yang Ada di Wamena

Pemkab Trenggalek membuka donasi untuk warga Trenggalek yang ada di Wamena, Papua.

Pemkab Buka Donasi untuk Warga Trenggalek yang Ada di Wamena
surabaya.tribunnews.com/hayu yudha prabowo
Pengungsi Wamena Papua asal Jawa Timur saat tiba menggunakan pesawat hercules di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Rahu (2/10/2019). Sebanyak 120 pengungsi wamena asal jawa timur tiba di Malang untuk kembali ke daerah asal paska kerusuhan di Wamena yang mengakibatkan 33 orang tewas. 

SURYA.co.id | TRENGGALEK - Pemkab Trenggalek membuka donasi untuk warga Trenggalek yang ada di Wamena, Papua. Donasi dibuka lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Trenggalek mulai Minggu (6/10/2019).

Baznas menargetkan total donasi senilai Rp 100 juta. Donasi akan berjalan sampai sekitar 10 hari. Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Trenggalek Rahmat Purwanto mengatakan, bantuan itu nanti akan didistribusikan oleh tim gabungan pemerintah daerah, dinas sosial, dan Baznas.

“Bantuan dari donasi untuk kira-kira kebutuhan apa yang dibutuhkan bagi yang tinggal di sana dan juga bagi mereka yang ingin pulang,” kata Rahmat.

Apabila donasi yang terhimpun tak sesuai target, pihaknya akan mengatgur sesuai dengan kebutuhan yang lebih prioritas.

Data Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Trenggalek mencatat jumlah warga Trenggalek di Wamena yang ingin pulang terus bertambah.

Data per Minggu (6/10/2019), sebanyak 63 orang menyatakan diri ingin pulang ke Trenggalek.

Sebelumnya, warga yang dilaporkan ingin pulang hanya 47 orang.

“Laporan yang masuk ke kami terus bertambah,” kata Kepala Dinsos PPPA Kabupaten Trenggalek Ratna Sulistyowati.

Selain itu, pendataan warga asal Trenggalek di Wamena dan yang sudah mengungsi ke Jayapura juga bertambah dari 161 orang dari 50 kepala keluarga menjadi 170 orang dari 70 kepala keluarga.

Sebelumnya, pemkab berencana membiayai tiket pesawat warga Trenggalek yang ingin pulang. Ratna bilang, pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur untuk skema lain pemulangan itu.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved