Potret

Miranda Avisca Caradea: Tunda Wisuda demi Timba Pengalaman di Jepang

Miranda Avisca Caradea, mahasiswi Studi Kejepangan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga kini sedang menjalani internship di Jepang.

Miranda Avisca Caradea: Tunda Wisuda demi Timba Pengalaman di Jepang
Foto: istimewa
Miranda Avisca Caradea, mahasiswi Studi Kejepangan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga yang kini sedang menjalani internship di Jepang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Miranda Avisca Caradea, mahasiswi Studi Kejepangan Universitas Airlangga memilih untuk menunda wisuda demi mencari pengalaman di Negeri Sakura, Jepang.

Kini, dara kelahiran Pasuruan, 25 Februari 1997 ini sedang menjalani program internship di salah satu hotel di Hokkaido, Jepang.

"Internship ini khusus buat mahasiswa. Menurut saya, ini kesempatan bagus. Meskipun bekerja, tapi saya tetap mendapat banyak bimbingan. Saya tetap dianggap sebagai mahasiswa," ungkapnya.

Berada di Jepang, ia mengatakan, mendapat banyak pengalaman, mulai dari belajar berkomunikasi dengan masyarakat luar, hingga berperilaku sesuai budaya orang Jepang.

"Selain itu, saya juga ingin healing my soul, ingin me-refresh diri. Saya merasa butuh jarak dengan hiruk pikuk kota Surabaya agar bisa mengerti diri saya, agar bisa menemukan apa yang sebenarnya ingin saya lakukan," katanya.

Di sana, lanjutnya, ia mampu mengeksplor banyak hal tanpa berambisi apa pun.

"Walaupun baru sebulan di sini, tapi benar-benar banyak yang saya dapat. Ternyata yang diajarkan di kelas hanya kulit. Ketika di sini baru sadar 'Oh ini yang dimaksud'. Pokoknya upgrade banget," pungkasnya.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved