Citizen Reporter

Serunya Gerakan Literasi Desa Tambelang Probolinggo Ada Kegiatan Melukis Hingga Bikin Abon

Siswa SD mengikuti kegiatan Literasi Melukis-Mewarnai yang disampaikan Indahsari dari Dewan Kesenian Probolinggo dan Literasi Binatang

Serunya Gerakan Literasi Desa Tambelang Probolinggo Ada Kegiatan Melukis Hingga Bikin Abon
ist/citizen reporter
Serunya Gerakan Literasi Desa Tambelang, Probolinggo Ada Kegiatan Melukis Hingga Bikin Abon 

SURYA.co.id - Bagaimana jadinya bila para siswa SD bertanding dalam berbagai lomba? Lalu, bagaimana jika warga desa berkumpul untuk meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang? Tentu sangat mengasyikkan! Demikianlah nuansa acara Geliat, Gerakan Literasi Desa Tambelang.

Tak hanya berisikan kegiatan literasi, namun kegiatan ini juga dilengkapi dengan lomba-lomba tingkat SD/MI.

Acara yang diselenggarakan pada Senin-Selasa (16-17/9/2019) itu diinisiasi Karang Taruna Desa Tambelang, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Acara itu didukung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo, Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo, serta Probolinggo Berkarya.

Di hari pertama terdapat lomba tingkat SD/MI, yakni lomba menggambar, lomba azan, dan lomba puisi. Selain itu, ada pula kegiatan literasi yang dibuka untuk pelajar maupun masyarakat.

Siswa SD mengikuti kegiatan Literasi Melukis-Mewarnai yang disampaikan Indahsari dari Dewan Kesenian Probolinggo dan Literasi Binatang yang disampaikan Muskar dari komunitas pecinta binatang.

Serunya, komunitas pecinta binatang itu membawa musang dan berang-berang. Sebagian siswa SMP dan SMA mengikuti Literasi Doodle Art, sedangkan sebagian yang lain mengikuti Literasi Tari yang dipandu pemateri dari Dewan Kesenian Probolinggo.

Sementara itu, warga yang didominasi ibu-ibu berkumpul untuk berpartisipasi dalam kegiatan literasi yang tak kalah seru.

Pertama, ada praktik pembuatan abon tongkol yang dipimpin Endah, pemilik merek dagang Abon Tongkol Si Tong Tong.

Selain belajar cara memasak abon, warga juga mendapatkan tips mengenai cara mengemas dan menjadikan makanan layak jual, sehingga dapat diperdagangkan di supermarket.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved