Grahadi

Beranda Grahadi

Sekdaprov Heru Tjahjono Undang Seluruh Masyarakat Meriahkan Hari Jadi Provinsi Jatim ke-74

Peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 akan dimeriahkan dengan serangkaian acara menarik mulai bulan Oktober sampai November

Sekdaprov Heru Tjahjono Undang Seluruh Masyarakat Meriahkan Hari Jadi Provinsi Jatim ke-74
Istimewa/Humas Pemprov Jatim
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono saat talk show di sebuah stasiun radio, mengajak kepada seluruh masyarakat Jatim untuk ikut memeriahkan serangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono mengajak kepada seluruh masyarakat Jatim untuk ikut memeriahkan serangkaian acara peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur tahun 2019.

Ajakan itu disampaikan karena dirinya menginginkan agar peringatan tersebut dapat dinikmati dan dirasakan oleh seluruh masyarakat Jatim.

“Kami mengundang seluruh masyarakat Jatim, ada banyak acara dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jatim yang digelar mulai bulan Oktober sampai November mendatang, semuanya gratis,” kata Sekdaprov Heru, saat talk show program Jatim Menyapa dengan tema Hari Jadi ke-74 Provinsi Jatim di Radio Suara Surabaya, Kamis (3/10/2019).

Heru mengatakan, seluruh masyarakat bisa menikmati serangkaian acara peringatan Hari Jadi ke 74 Prov. Jatim di berbagai tempat. Di antaranya di Jatim Fair di Grand City pada tanggal 8-13 Oktober, Operasi Katarak gratis dan serentak di Rumah Sakit Pemprov Jatim RSUD Dr. Soedono Madiun, RSUD Syaiful Anwar Malang dan RSUD Sampang pada tanggal 11-12 Oktober 2019, Pesta Rakyat dan Kuliner Gratis di sepanjang Jalan Gubernur Suryo depan Gedung Negara Grahadi pada tanggal 13 Oktober 2019.

Kemudian, Jatim Night Spectra di alun-alun Kabupaten Situbondo pada 19 Oktober, Gelar Produk Unggulan daerah dan Pasar Murah se-Bakorwil Malang tanggal 19-20 Oktober, Pasar Murah dan Cek Kesehatan Gratis di Bakorwil Bojonegoro pada 26 Oktober, East Java Khofifah Indar Parawansa (KIP) Run 2019 5K dan 10K di Kabupaten Malang pada 3 November serta Theater Kolosal Hari Pahlawan di depan Kantor Gubernur Jatim pada 9 November dan acara menarik lainnya.

Berbagai kegiatan tersebut, ujar Heru, melengkapi rangkaian kegiatan hari jadi ke-74 Jatim yang telah dilaksanakan sebelumnya, yakni program pembebasan biaya balik nama dan sanksi administratif pajak kendaraan bermotor (PKB) Jatim, yang dimulai 23 September-14 Desember 2019. 

Seluruh kegiatan itu, imbuh Heru, merupakan bentuk persembahan dari Pemprov Jatim kepada masyarakat, tanpa memandang usia.

Artinya, mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia dapat menikmati berbagai suguhan gratis. Karena itu, dirinya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Jatim bisa ikut memeriahkannya.

“Bagi masyarakat yang tinggal jauh dari Surabaya, gebyar hari jadi Jatim ini kami juga melibatkan seluruh Bakorwil yang ada di Jatim. Jadi bagi yang belum bisa ke Surabaya, dapat menikmati acara-acara yang kami gelar di kabupaten/kota, di wilayah Bakorwil setempat,” imbuhnya.

Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim ini menambahkan, kegiatan peringatan Hari Jadi ke-74 Jatim ini didesain dengan empat prinsip, yaitu pengabdian kepada masyarakat, membangun perekonomian di Jatim dalam rangka menyapa dan menghadapi ekonomi global, bakti sosial kepada masyarakat serta hiburan. 

“Karena itu, kami berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat Jatim. Contohnya, pesta rakyat dan kuliner di depan Grahadi. Seluruh makanan dan minuman yang kami sajikan, dipastikan higienis dan standarnya hotel bintang lima. Serta kemasannya alami, menggunakan daun, bukan plastik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Kohar Hari Santoso menambahkan, khusus untuk agenda yang berkaitan dengan lembaganya, dirinya menargetkan ada lima ribu pasien katarak yang akan dioperasi secara gratis secara serentak pada tanggal 11-12 Oktober mendatang. Acara tersebut digelar di tiga titik, yaitu di RSUD Soedono Madiun, RSUD Saiful Anwar Malang dan RSUD Sampang.

“Ke depan, kami targetkan ada sepuluh titik susulan, agar permasalahan katarak bisa diselesaikan lebih cepat dan lebih baik lagi. Dana operasi tersebut berasal dari APBD Jatim dan dibantu oleh dana CSR dari salah satu bank swasta,” jelasnya. 

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Jatim, Indah Wahyuni mengatakan agar masyarakat semakin banyak yang mengetahui rangkaian kegiatan hari jadi tersebut. Pihaknya telah menggandeng berbagai media, baik radio, televisi, cetak dan online untuk ikut mempromosikannya.

"Kemarin, kami juga melakukan talk show di radio El Shinta, kemudian hari ini di Suara Surabaya. Ada pula di televisi JTV, setelah ini juga ada talk show dengan radio RRI Surabaya. Jadi, kami harap gebyar peringatan hari jadi ke-74 ini bisa diketahui oleh seluruh masyarakat Jatim,” pungkasnya. (hms) 

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved