Citizen Reporter

Earth Hour Malang Kampanye Zero Emissions Day di Acara CFD Jalan Ijen Malang

Berbagi Informasi, Earth Hour Malang Kampanye Zero Emissions Day di Acara CFD Jalan Ijen Malang

Earth Hour Malang Kampanye Zero Emissions Day di Acara CFD Jalan Ijen Malang
ist/Citizen Reporter
Berbagi Informasi, Earth Hour Malang Kampanye Zero Emissions Day di Acara CFD Jalan Ijen Malang 

SURYA.co.id - Car Free Day (CFD) di Jalan Ijen Malang sudah menjadi wadah bagi para komunitas untuk melakukan aksi dan kampanye.

Salah satunya adalah Earth Hour Malang (EHM). Puluhan volunteer komunitas nonprofit EHM, berkumpul di Tugu Ijen untuk memperingati Zero Emissions Day, Sabtu (29/9/2019).

“Kami sedang melaksanakan salah satu program kerja kami yaitu merayakan ZeDay atau Zero Emissions Day dengan cara berkampanye tentang bahaya emisi gas dan cara menguranginya,” kata Nur Fatma Gustin, Wakil Ketua Public Relation EHM.

Fatma menjelaskan, emisi gas buang adalah berbagai gas beracun sisa hasil pembakaran bahan bakar mesin seperti yang ada di dalam kendaraan.

Apabila emisi gas buang terus berkembang, maka tubuh manusia akan terkena dampak negatifnya, seperti hipertensi dan penurunan kinerja otak.

Komunitas peduli lingkungan yang dinaungi World Wide Fund for Nature (WWF) ini memulai aksinya sejak pukul 07.00. Kegiatan berlangsung sekitar 2-3 jam bergantung tingkat keramaian dan antusiasme pengunjung CFD.

Kampanye ZeDay itu tersebar di lima titik di sekitar Jalan Ijen. Titik pertama berada di bundaran Simpang Balapan.

Titik kedua berada di sisi kanan Jalan Besar Ijen, sedangkan titik ketiga berada di sisi kiri Jalan Besar Ijen dari arah Simpang Balapan. Titik keempat berada di sekitar Museum Brawijaya dan titik terakhir berada di sekitar perpustakaan umum Malang.

Setiap titik berisikan 5-10 orang yang membawa poster info grafis tentang emisi gas buang. Mereka menghampiri beberapa pengunjung CFD dan melakukan sosialisasi singkat dengan tujuan berbagi wawasan serta mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Menurut Fatma, sasaran kampanye ini sendiri adalah pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

“Kampanye seperti ini menurut aku sangat bermanfaat, karena wawasanku jadi bertambah dan aku tergerak untuk melakukan perubahan-perubahan kecil,” ungkap Diah, mahasiswa Universitas Negeri Malang yang mendapatkan sosialisasi ZeDay.

Kepedulian Diah untuk melakukan perubahan kecil itu yang diharapkan anggota EHM. Mereka mendorong warga untuk mulai peduli lingkungan yang dimulai dari diri sendiri.

“Bumi kita sudah tua dan kita harus bertanggung jawab menjaganya. Dengan adanya EHM, kami ingin mengajak masyarakat ikut merawat bumi dari hal-hal kecil seperti menerapkan green life style sejak dini,” tambah Fatma.

Selain melakukan aksi langsung di lapangan, Earth Hour Malang juga menyuarakan isu-isu lingkungan di media sosial seperti instagram @earthhourmalang dan twitter @EHMalang. Cara itu diharapkan dapat mendulang perhatian terutama dari kalangan muda.

Salma Tsabita Wiradara
Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Universitas Brawijaya Malang
salmatsabitaevol@gmail.com

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Tri Mulyono
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved