Grahadi

Beranda Grahadi

Buka TMMD ke 106, Khofifah Ingatkan Jangan Mudah Teradu Domba yang Bisa Pecahkan Integrasi Bangsa

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke 106 resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Lapangan Kecamatan Jabon

Buka TMMD ke 106, Khofifah Ingatkan Jangan Mudah Teradu Domba yang Bisa Pecahkan Integrasi Bangsa
SURYAOnline/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Pangdam V/Brawijaya, Mayjend TNI Whisnoe PB dan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, Rabu (2/10/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Lapangan Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (2/10/2019) pagi.

Kegiatan TMMD tersebut serentak dilakukan di empat kabupaten lain di Jawa Timur. Yaitu di Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Sidoarjo.

Dalam kesempatan ini, Khofifah mengatakan bahwa TMMD menjadi sarana yang baik dalam menyampaikan pesan persatuan dan nasionalisme pada masyarakat.

Sebab, menurut Khofifah, dalam membangun integrasi dibutuhkan adanya pendekatan yang terintegrasi.

"Hari ini kita juga harus lebih sering membangun komunikasi dengan khalayak. Jangan sampai diberi kesempatan bagi yang berpotensi mengadu domba kita. Jangan diberi ruang, jadi TMMD punya kesempatan besar untuk menguatkan integrasi bangsa," tegasnya.

Dalam membuka pelaksanaan TMMD, mantan Menteri Sosial RI ini mengatakan, TMMD adalah bentuk menyatunya TNI dengan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan di Jawa Timur.

Bahkan menurut Khofifah, kegiatan TMMD ini menjadi program lengkap dalam membangun integrasi bangsa dan integrasi sosial.

"Ini akan sangat banyak membantu tidak hanya dalam melakukan percepatan penyejahteraan masyarakat, tapi juga bagaimana bela negara, bagaimana solidaritas sosial dan bagaimana memahami kebhinekaan. Semua menyatu dalam program TMMD," kata Khofifah.

Terlebih program TMMD ini basisnya adalah desa yang memberikan kesempatan TNI turun langsung bersama masyarakat. Sehingga kontrol masyarakat bisa dilakukan lebih dekat.

Ia berharap dalam setiap pelaksanaan TMMD semua aspek bisa tercover. Tidak hanya pembangunan infrastruktur tapi juga apsek sosial dan nasionalisme.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved