Berita Blitar

7 Pelajar Papua yang Sekolah di Kota Blitar Pulang ke Kampung Halaman

Sebagian pelajar Papua yang sedang belajar di Kota Blitar pulang ke kampung halamannya

7 Pelajar Papua yang Sekolah di Kota Blitar Pulang ke Kampung Halaman
surya/samsul hadi
Sejumlah mahasiswa dan pelajar Papua menggelar aksi damai di bawah Patung Bung Karno, Simpang Tiga Herlingga, Kota Blitar, Kamis (22/8/2019) 

SURYA.co.id | BLITAR - Sebagian pelajar Papua yang sedang belajar di Kota Blitar pulang ke kampung halamannya. Mereka pulang secara bergantian setelah terjadi peristiwa kerusuhan di Papua.

Data dari Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar menyebutkan ada 21 pelajar asal Papua yang sedang belajar di Kota Blitar. Mereka menempuh pendidikan di SMA dan SMK di Kota Blitar.

Rinciannya, 15 siswa belajar di SMAK Diponegoro Kota Blitar, 4 siswa di SMKN 1 Kota Blitar, dan 2 siswa di SMAN 2 Kota Blitar. Para pelajar asal Papua itu yang mengikuti program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) di Kota Blitar.

"Kami terus memantau perkembangan pelajar Papua yang belajar di Kota Blitar setelah ada peristiwa di Malang dan Surabaya lalu disusul kerusuhan di Papua. Memang ada beberapa pelajar yang memilih pulang ke Papua," kata Kepala Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo, Selasa (1/10/2019).

Peristiwa di Malang dan Surabaya yang dimaksud, yaitu, insiden kericuhan di asrama mahasiswa di Surabaya dan aksi demo mahasiswa Papua di Kota Malang pada pertengahan Agustus 2019.

Peristiwa itu diduga memicu kerusuhan di Papua.

Hakim mengatakan data terakhir yang dikumpulkan Bakesbangpol menyebutkan ada tujuh dari 21 siswa asal Papua yang sedang belajar di Kota Blitar memilih pulang ke kampung halamannya.

Sebanyak tujuh siswa yang pulang itu enam di SMAK Diponegoro dan satu di SMKN 1.

"Rata-rata mereka pulang tanpa izin sekolah. Hanya satu siswa di SMKN 1 yang resmi mengajukan pindah sekolah ke Papua," ujarnya.

Satu siswa asal Papua di SMKN 1 yang mengajukan pindah sekolah, yaitu, Alexs Magai asal Mimika.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved