Bisnis

Jawa Timur Kembali Ekspor Pakan Ternak Ke Negara Timor Leste

Jawa Timur kembali mengekspor pakan ternak ke negara Timor Leste.Peluncuran ekspor pakan ayam sebanyak 200 ton tersebut dilakukan PT Sinar Indochem

Jawa Timur Kembali Ekspor Pakan Ternak Ke Negara Timor Leste
tribun jatim/kukuh kurniawan
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah melepas ekspor perdana 200 ton pakan ayam petelur dari halaman PT. Sinar Indochem, Senin (30/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

SURYA.co.id | SIDOARJO - Jawa Timur kembali mengekspor pakan ternak ke negara Timor Leste.

Peluncuran ekspor pakan ayam sebanyak 200 ton tersebut dilakukan oleh perusahaan PT. Sinar Indochem yang berada di Jalan Bypass Krian - Mojokerto Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo KM 32.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya, Musyaffak Fauzi mengatakan, selama bulan September 2019, pihaknya telah tiga kali melakukan pelepasan pakan ternak dan produk peternakan (karkas ayam) ke negara tersebut.

"Berdasarkan hasil analisis impor, selain produk perunggasan, Indonesia juga memenuhi syarat untuk mengirim produk dairy (persusuan), pakan ternak yang berkualitas dan memenuhi standar internasional ke Timor Leste. Dan menurut data menunjukkan bahwa eksportasi pakan ternak pada September 2019 mengalami peningkatan sebesar 300 persen," ujarnya, Senin (30/9/2019).

Setiap hari BBKP Surabaya mampu menerbitkan 120 sertifikat karantina tumbuhan dan 24 sertifikat karantina hewan yang diekspor melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya maupun Bandara Internasional Juanda Sidoarjo.

"Nilai ekspor komoditas ekspor sejak tanggal 1 hingga 27 September 2019 mencapai Rp. 2,75 triliun. Dan nilai ekspor yang cukup besar ini menggambarkan keberhasilan kerja keras di semua lini," tambahnya.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah yang ikut hadir dalam acara tersebut menyatakan sangat senang atas perkembangan beberapa perusahaan peternakan yang berlokasi di Sidoarjo yang mampu menembus pasar ekspor di Timor Leste dalam sebulan terakhir ini.

"Semoga keberhasilan PT Sinar Indochem dan beberapa perusahaan sebelumnya mampu memotivasi dan mendorong pelaku usaha lainnya melakukan hal yang sama bahkan lebih. Karena masih banyak negara lain, tidak hanya Timor Leste saja yang membutuhkan komoditas pertanian kita," jelasnya.

Sementara itu, direktur utama PT. Sinar Indochem, Haryono Tan mengatakan pihaknya akan mengekspor pakan ayam tersebut sebanyak 300 ton.

"Namun saat ini kita ekspor dahulu sebanyak 200 ton. Setelah itu baru menyusul kembali sebanyak 100 ton. Dan nilai ekspor nya sendiri sekitar Rp. 1,7 milyar rupiah," terangnya.

Dirinya juga menjelaskan pakan ayam yang diekspor tersebut untuk jenis ayam petelur.

"Nantinya pakan ternak dikirimkan ke Timor Leste melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Pengirimannya menggunakan kapal MV. Meratus Labuan Bajo 1917E," tandasnya.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved