Berita Madiun

Dalam Sebulan, Delapan Pipa PDAM Putus Akibat Pekerjaan Proyek Perbaikan Drainase & Jalan

Dalam sebulan, delapan pipa saluran air milik PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun rusak akibat pelaksanaan proyek peningkatan jalan & perbaikan drainase

Dalam Sebulan, Delapan Pipa PDAM Putus Akibat Pekerjaan Proyek Perbaikan Drainase & Jalan
surabaya.tribunnews.com/rahadian bagus
Sejumlah pekerja proyek melakukan pemasangan material di pertigaan penghubung Jalan Kampar dengan Jalan Ciliwung, Kota Madiun. 

SURYA.co.id|MADIUN - Proyek peningkatan jalan dan perbaikan drainase yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun menimbulkan sejumlah masalah.

Dalam sebulan, delapan pipa saluran air milik PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun yang rusak akibat pelaksanaan proyek tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Transmisi dan Distribusi PDAM Kota Madiun, ketika dikonfirmasi, Senin (30/9/2019) siang.

"Kalau yang pipa besar, sekitar delapan dalam sebulan ini. Ada tiga pipa ukuran 8 dim dan lima pipa ukuran 6 dim. Kalau yang kecil-kecil banyak," katanya.

Dia menuturkan, kebocoran pipa ukuran 8 dim atau sekitar 200 milimeter terjadi seminggu yang lalu sebanyak tiga kali. Yang pertama di Jalan Kapuas, dan dua kali di pertigaan antara Jalan Kampar dan Jalan Ciliwung.

Direktur Utama PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun, Bambang Irianto, mengatakan kerusakan terparah terjadi
pada Sabtu (28/9/2019) dan Minggu (29/9/2019), di pertigaan Jalan Kampar dan Jalan Ciliwung.

"Yang pertama pada Sabtu, pipa 8 dim atau 200 milimeter, dan itu teman-teman dari distribusi langsung mengerjakan perbaikan mulai pukul 15.30 hingga Minggu sekitar pukul 01.00 dini hari," kata Bambang.

Kemudian, keesokan harinya pada Minggu, sekitar pukul 14.00 WIB, terjadi lagi kebocoran di lokasi yang sama. Setelah mendapat laporan dari warga, petugas PDAM melakukan perbaikan hingga sekitar pukul 23.30 WIB.

Dia mengatakan, penyebab kebocoran pada Sabtu (28/9) di pertigaan Jalan Kampar dan Jalan Ciliwung disebabkan karena pemasangan box cluvert untuk saluran drainase yang terlalu mepet.

Sedangkan Minggu (29/9), kebocoran pipa karena pipa saluran PDAM tertimpa material batu yang digunakan dalam pekerjaan proyek.

Halaman
123
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved