Berita Pamekasan

Angka Balita Stunting 2018 Vs Triwulan Kedua 2019 Naik 1 Persen, Ini yang Dilakukan Pemkab Pamekasan

Pemkab Pamekasan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan menggelar Kampanye Sehat Cegah Stunting

Angka Balita Stunting 2018 Vs Triwulan Kedua 2019 Naik 1 Persen, Ini yang Dilakukan Pemkab Pamekasan
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Suasana Kampanye Sehat Cegah Stunting Dinkes Pamekasan. 

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Pemkab Pamekasan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan menggelar Kampanye Sehat Cegah Stunting di lapangan Negara Bhakti Pendopo Agung Ronggosukowati Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Kampanye itu melibatkan 2.000 peserta dari seluruh puskesmas, jajaran forkopimda, kepala OPD dan para pelajar.

Dalam kegiatan itu juga sekaligus memberikan santunan kepada puluhan anak yatim serta pemberian hadiah lomba pameran saat melakukan sosialisasi pada 1.000 hari pertama kehidupan dari seluruh UPT Puskesmas di Kabupaten Pamekasan dalam mencegah Stunting.

Wakil Bupati Pamekasan, Rajae, mengatakan dari angka kelahiran bayi hingga triwulan kedua 2019 di Pamekasan, ada sekitar 27,67 persen yang diduga menderita stunting. Rajae menyebut jumlah itu menjadi perhatian bersama, khususnya Pemkab Pamekasan.

"Kampanye sehat ini kami gelar tidak hanya bersifat seremonial tapi juga nanti ini akan betul-betul dijadikan kampanye sebagai gerakan agar angka stunting di Pamekasan semakin menurun," katanya kepada TribunMadura.com (grup surya.co.id), Senin (30/9/2019).

Rajae juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan yang berhasil menurunkan angka stunting di Kabupaten Pamekasan yang pada tahun 2013 mencapai 44 persen dan pada tahun 2018 menurun sekitar 26,67 persen.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr Farid Anwar, menambahkan dalam acara Kampanye Sehat Cegah Stunting untuk memperkenalkan kepada masyarakat Pamekasan tentang kegiatan dan program yang dilaksanakan pemkab dalam upaya pencegahan penurunan angka stunting di Kabupaten Pamekasan.

"Kampanye Sehat Cegah Stunting untuk memberikan informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas kesehatan dan jajarannya dalam upaya memberantas stunting di Pamekasan," imbuh Farid.

Farid menerangkan kampanye sehat ini juga sebagai bentuk komitmen Pemkab Pamekasan dalam memberikan pelayan kesehatan gratis, konsultasi kesehatan serta memperkenalkan makanan sehat.

Sekadar diketahui, dalam kegiatan itu juga dibacakan deklarasi Pamekasan Sehat yang di pimpin oleh Wakil Bupati Pamekasan Rajae dan diikuti seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan Kampanye Sehat Cegah Stunting.

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved