Berita Sidoarjo

AKD Terbentuk, Anggota DPRD SIdoarjo Langsung Kunker Rame-rame

Dalam rapat itu, dana kunker untuk para anggota dewan yang awalnya sekitar Rp 15 miliar, ditambah menjadi kisaran Rp 19,7 miliar.

AKD Terbentuk, Anggota DPRD SIdoarjo Langsung Kunker Rame-rame
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Suasana rapat paripurna di gedung DPRD Sidoarjo, Jumat (27/9/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) bukan hanya menjadi syarat para anggota DPRD bisa mulai membahas APBD, PAK, dan sebagainya.

Tapi juga menjadi start para wakil rakyat itu untuk bisa melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke luar kota. Ya, begitu AKD terbentuk, puluhan anggota DPRD Sidoarjo langsung berangkat ke luar kota sejak Minggu (29/9/2019).

Pertama yang berangkat ke luar kota adalah Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Musyawarah (Banmus). Bapemperda menggelar kunker ke Jogjakarta, sementara Banmus bertolak ke Solo.

Dua AKD itu jika ditotal berjumlah 38 orang. Separo lebih dari total anggota DPRD Sidoarjo. Mereka dijadwalkan selama dua di luar kota.

"Iya, hari ini berangkat ke Solo," ujar seorang anggota dewan yang ikut Kunker tersebut, Minggu siang.

Selanjutnya, pada 2 Oktober mendatang, giliran Badan Kehormatan (BK) dan Badan Anggaran (BK) yang dijadwalkan melakukan kunjungan ke luar kota. BK akan ke Surakarta, sedangkan Banggar berkunjung ke Yogyakarta.

Kemudian pada tanggal 6 sampai 10 Oktober, giliran komisi-komisi yang bakal pergi ke luar kota. Komisi A, Komisi B, C, dan D, semua akan ramai-ramai melaksanakan dinas luar kota. Tentu dengan kota tujuan yang berbeda-beda.

Menurut Ketua DPRD Sidoarjo Usman, kunker merupakan bagian dari tugas anggota dewan. Dan kegiatan itu juga tidak menyalahi ketentuan, ada aturannya dalam tata tertib dewan.

Penentuan lokasi kunjungan dan penjadwalan, juga diatur oleh Banmus, berdasar kesepakatan anggota. "Banmus yang merancang jadwalnya," kata politisi PKB tersebut.

Tapi selain kunjungan ke luar kota, berbagai kegiatan dewan juga sudah dijadwalkan. Termasuk rencana Rapat Paripurna pada minggu depan, dan rencana start pembahasan RAPBD 2020.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved