Identitas Pelaku Peretas Situs Kemendagri Terungkap, Ternyata Warga Pasuruan Bukan Orang Sembarangan

Identitas Pelaku Peretas Situs Milik Kemendagri Terungkap, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Identitas Pelaku Peretas Situs Kemendagri Terungkap, Ternyata Warga Pasuruan Bukan Orang Sembarangan
Kompas.com/Devina Halim
Identitas Pelaku Peretas Situs Milik Kemendagri Terungkap, Ternyata Bukan Orang Sembarangan 

SURYA.co.id - Identitas pelaku peretas situs milik Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) terungkap setelah ia ditangkap jajaran kepolisian. 

Melansir dari situs Tribatanews.polri.go.id, disebutkan bahwa pelaku peretasan situs berinisial ABS (21), warga Pasuruan Jawa Timur. 

“Tersangka adalah peretas sekaligus aktivis defacer yang kerap kali mengutarakan rasa ketidakpuasan terhadap kerentanan suatu cyber security dan terhadap situasi negatif yang sedang berkembang belakangan ini,” jelas Wadir Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes. Pol. Asep Safrudin, S.I.K.

ABS ditangkap di rumahnya yang berada di Kecamatan Klempok Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, pada Selasa (24/9/2019).

Dikatakan Wadir Tipidsiber Bareskrim Polri, ABS dikenal dengan nama 'security007' di dunia maya.

“Tersangka memiliki beberapa akun media sosial serta blog yang menyediakan beberapa tutorial cara peretasan sebuah situs dengan upaya mengubah situs dan sampai mengambil data suatu situs website,” jelas Wadir Tipidsiber Bareskrim Polri.

Motif Pelaku

Kepada polisi, ABS mengaku hanya ingin mengasah kemampuan IT-nya saja. 

“(Motif) menguji kepiawaiannya dalam penetration test terhadap situs-situs yang lemah kemananannya dan mengambil informasi yang ada dengan menggunakan metode Defacing VSFI’PD,” jelas Wadir Tipidsiber Bareskrim Polri.

Situs Kemendagri yang diretas 22 September 2019
Situs Kemendagri yang diretas 22 September 2019 (Tangkap layar situs Kemendagri)

Rekam Jejak ABS

Selama dua tahun terakhir, ABS diketahui sudah melakukan peretasan deface terhadap 600 situs dalam dan luar negeri.

“Terekam pernah melakukan peretasan deface terhadap 600 situs lainnya yang berada di dalam negeri dan di luar negeri, sehingga membuat nickname ‘security007’ menjadi terkemuka di kalangan aktivis defacer lainnya,” terang Kombes. Pol. Asep Safrudin, S.I.K.

Dihukum Pasal Berlapis

Pelaku kini di jerat dengan Pasal 46 ayat (1), (2), dan ayat (3) juncto Pasal 30 ayat (1), (2), dan ayat (3); Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1); serta Pasal 49 juncto Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

“Ancaman 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar. Adapun barang bukti yang diamankan antara lain satu buah laptop merek warna merah, satu buah HP, satu buah KTP, satu buah perangkat modem router Wi-Fi,” jelas Wadir Tipidsiber Bareskrim Polri.

Penulis: Arum Puspita
Editor: Iksan Fauzi
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved