Berita Sidoarjo

DPRD Sidoarjo Ngotot Bahas PAK 2019

Jika mengacu pada Undang-undang nomer 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, harusnya DPRD Sidoarjo sudah tidak bisa lagi membahas PAK 2019.

DPRD Sidoarjo Ngotot Bahas PAK 2019
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Suasana rapat paripurna di gedung DPRD Sidoarjo, Jumat (27/9/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - DPRD Sidoarjo sepertinya tetap ngotot untuk membahas Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2019 bersama Pemkab Sidoarjo.

Padahal, jika mengacu pada Undang-undang nomer 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, harusnya DPRD Sidoarjo sudah tidak bisa lagi membahas PAK 2019. Karena sudah melewati batas waktu.

Ketua DPRD Sidoarjo, Usman, menyebut bakal mulai melakukan pembahasan Anggaran perubahan itu bersama Pemkab secepatnya. Apalagi setelah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) telah terbentuk, Jumat (27/9/2019).

Menurut Usman, setelah Paripurna pihaknya bakal langsung membahas PAK (perubahan anggaran keuangan) bersama Pemkab Sidoarjo.

"Besok langsung kita bahas bersama eksekutif," kata dia usai Rapat Paripurna pengumuman penetapan susunan keanggotaan alat kelengkapan dewan (AKD) di gedung dewan, Jumat (27/9/2019).

Pembahasan PAK besok bakal dilakukan oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sidoarjo bersama Tim Anggaran Pemkab Sidoarjo.

"Semoga cepat selesai, dan bisa cepat direalisasikan," sambungnya.

Namun, pada Rapat besok juga bakal dibahas bersama eksekutif. Apakah pembahasan PAK bisa dilanjut atau tidak. Karena ada aturan bahwa PAK maksimal dibahas tujuh hari setelah ada surat dari Gubernur.

"Tentu akan dibahas dalam rapat. Apakah PAK tetap bisa berlanjut. Sebab ada aturan di UU no 23 tahun 2014 batas pembahasan evaluasi PAK maksimal tujuh hari," kata Kayan, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo.

Berdasar Undang-undang tentang pemerintah daerah tersebut, pembahasan evaluasi APBD dilakukan oleh Badan Anggaran (Banggar) dan diberikan waktu selama tujuh hari terhitung sejak turun evaluasi dari Gubernur.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved