Berita Madiun

Puluhan Hektare Sawah di 2 Desa Diserang Hama Tikus, Bupati Madiun Kaji Mbing Turun Tangan

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, ikut membasmi hama tikus bersama para petani di Desa Kedungjati dan Desa Warurejo, Kecamatan Balerejo

Puluhan Hektare Sawah di 2 Desa Diserang Hama Tikus, Bupati Madiun Kaji Mbing Turun Tangan
istimewa
Bupati Madiun, Ahmad Dawami, ikut membasmi hama tikus dengan metode pengomposan bersama petani Desa Kedungjati dan Desa Warurejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Kamis (26/09/2019). 

SURYA.co.id|MADIUN - Bupati Madiun, Ahmad Dawami, ikut membasmi hama tikus bersama para petani di Desa Kedungjati dan Desa Warurejo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Kamis (26/09/2019). Serangan hewan pengerat kembali menyerang puluhan hektare sawah, di dua desa tersebut.

"Dampaknya, hasil panen padi menjadi berkurang," kata Dawami.

Grebekan hama tikus ini dilaksanakan, setelah ada banyak laporan dari warga. Bupati yang biasa disapa Kaji Mbing ini melakukan pembasmian hama tikus dengan cara pengemposan ke sarang tikus menggunakan belerang.

Kaji Mbing ini mengimbau kepada para petani agar gopyokan tikus dilakukan bersama-sama. Sebab, jika tidak maka masih ada tikus yang bersembunyi di dalam sarang.

"Jangan hanya yang punya lahan saja yang melakukan pembasmian di lahannya sendiri, semuanya harus ikut membantu," jelas Kaji Mbing.

Selain itu, sebaiknya gopyokan tikus dilakukan ketika padi masih belum tinggi.

Sebab, apabila usia padi sudah berumur 40 hari, akan sulit penanganannya.

Gopyokan tikus, lanjut Kaji Mbing, sebaiknya juga tidak memakai bahan kimia yang berbahanya, karena akan mengurangi kualitas padi.

Sementara itu, menurut Ketua PPL Balerejo, Parmo, berharap kelompok tani selalu rutin menjalankan gopyokan.

Menurut Parmo, selama ini petani sudah melaksankan gopyokan, namun itu dilakukan secara sendiri sehingga pembasmiannya tidak maksimal.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved