Sambang Kampung

Di Kampung Dupak Baru I ada Layanan Belajar Gratis. Anak Bebas Bermain Sambil Belajar

Setiap hari, selepas magrib, anak-anak akan berkumpul di rumah ketua RT, Khoirul SH MH. Istrinya, Juwariyah, yang secara sukarela mengajari anak-anak

surabaya.tribunnews.com/sugiharto
Ketua RT menunjukkan bekas kandang burung yang dijadikan lemari penyimpanan buku di Dupak Baru 1. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Untuk mewujudkan kampung yang ramah anak, Kampung Dupak Baru I RT 08 RW 05 Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, berikan fasilitas bagi anak-anak kampung, yaitu layanan belajar gratis.

Setiap hari, selepas magrib, anak-anak akan berkumpul di rumah ketua RT, Khoirul SH MH. Istrinya, Juwariyah, yang secara sukarela mengajari anak-anak kampung.

"Awalnya, dulu ada salah satu anak di kampung ini yang tidak sekolah. Saya ajak belajar dengan saya, akhirnya dia mau. Lama-kelamaan, banyak anak kampung uang ikut. Akhirnya yang ikut sekarang jadi banyak," ungkap Juwariyah.

Di sana, anak-anak bebas belajar yang mereka suka. Boleh membaca, menulis, berhitung, mewarnai, bahkan mengaji.

"Kalau dipaksa, anak-anak nggak mau belajar lagi. Jadi saya bebaskan. Kalau mereka belajar tanpa tekanan, mereka akan belajar dengan senang setiap hari," Juwariyah mengatakan.

Selepas belajar, anak-anak dapat bermain bersama. Di depan rumah, terdapat lukisan ular tangga raksasa di atas paving. 

Di sanalah biasanya anak-anak bermain dan meluangkan waktu bersama. Dengan dadu besar, mereka bergantian melangkah. Jika sudah lelah, mereka akan pulang ke rumah masing-masing.

"Anak-anak sekarang suka main gadget, susah lepasnya. Dengan kegiatan ini harapannya anak-anak tidak kecanduan. Belajarnya gratis. Biasanya, anak-anak yang datang mesti. Kalau ditotal bisa 10 hingga 20 anak," paparnya.

Anak-anak yang datang, membawa bukunya sendiri. Namun di sana juga ada puluhan buku bacaan yang disediakan oleh Karang Taruna kampung.

Meluangkan waktu dan tenaga untuk mengajar setiap hari, Juwariyah merasa tak keberatan. Ia merasa perlu membantu sesama.

Halaman
12
Tags
Dupak Baru
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved