Berita Surabaya

Gubernur Khofifah Sebut Kawasan Industri dari Gresik Hingga Tuban Bakal Disambung dengan Jalan Tol

Gubernur Khofifah pastikan dalam waktu dekat dari kawasan industri Manyar Gresik hingga kawasan industri di Tuban akan segera dibangunkan jalan tol

Gubernur Khofifah Sebut Kawasan Industri dari Gresik Hingga Tuban Bakal Disambung dengan Jalan Tol
surya.co.id/fatimatuz zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 

SURYA.co.id | GRESIK - Gubernur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa dalam waktu dekat dari kawasan industri Manyar Gresik hingga ke kawasan industri di Tuban akan segera dibangunkan jalan tol.

Jalan tol tersebut akan menjadi konektor kawasan untuk mewujudkan kemudahan akses antar kawasan industri yang ada di Jawa Timur. Jalan tol tersebut akan melintas di sepanjang jalan pantura dari Gresik hingga Tuban.

"Ini sudah berulang kali kita rapatkan untuk segera direlasiasikan. Bahwa koneksitas antara Manyar hingga Tuban akan dibangjnkan dengan jalan tol," kata Khofifah, Rabu (27/9/2019), usai meletakkan batu pertama industri ammonia receiving di Kawasan Industri Manyar Gresik.

Khofifah menuturkan opsi dalam perencanaan konseksitas jalan tersebut ada dua pilihan.

Pertama, melewati tengah atau melewati pinggir kawasan pantai utara.

Namun setelah dikaji oleh Pemprov maka yang paling membawa manfaat jalan tol tersebut sebaiknya dibangun di kawasan Pantura.

"Terlebih karena di pantura itu ada banyak kawasan industri dan banyak pelabuhan atau seaport. Sehingga efektivitas tol harapannya bisa lebih didapatkan," ujarnya.

Saat ini, progresnya masterplan untuk pembangunan tolnya sedang didetailkan, khususnya untuk koneksitas ke kabupaten kota.

Pihak Pemprov dikatakan Khofifah juga sudah mengundang kabupaten kota untuk dilinearkan dengan perencanaan.

"Ini nanti yang menjalankan infrastrukturnya dari pemerintah pusat. Kita sudah kumpulkan untuk bupati wali kota untuk sinkronisasi perencanaannya," ucapnya.

Koneksitas antar kawasan industri menurut Khofifah menjadi kunci karena akan menjadi modal kuat untuk akses distribusi barang, dan hasil industri ke daerah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved