Berita Bisnis

Usaha Olahan Sirip Ikan Hiu Milik Agung Widodo, Pesaing Sedikit Untung Bisa Maksimal

Pernah menjadi kuli panggul aneka ikan laut hasil tangkap di Pasar Pabean Surabaya, Agung Widodo melihat potensi bisnis sirip ikan hiu.

Usaha Olahan Sirip Ikan Hiu Milik Agung Widodo, Pesaing Sedikit Untung Bisa Maksimal
surya.co.id/istimewa
Agung Widodo, owner usaha rumahan pengolahan sirip ikan hiu di rumah produksinya di kawasan Jalan Kalijudan Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Salah satu kiat sukses wirausaha adalah memilih komoditas eksklusif, yang tidak banyak pesaing.

Prinsip ini setidaknya diyakini Agung Widodo, pemilik usaha rumahan pengolahan sirip ikan hiu.

Pernah menjadi kuli panggul aneka ikan laut hasil tangkap di Pasar Pabean Surabaya, Agung Widodo melihat potensi bisnis sirip ikan hiu.

Bahan baku tersedia tidak banyak dan permintaan hotel atau restoran cukup tinggi.

Diam-diam, Agung mempelajari seluk beluk rantai bisnis sirip ikan hiu.

"Saya memutuskan serius bisnis produk olahan sirip ikan hiu, karena saya yakini, bidang tersebut (bisnis sirip ikan hiu -Red) terbilang jarang diminati orang," kata Agung saat ditemui Surya di rumah produksinya di kawasan jalan Kalijudan, Surabaya.

Lulusan Sarjana Ekonomi dari Universitas 17 Agustus Surabaya, mencermati siapa saja pengepul sirip ikan hiu, kualitas sirip hiu, restoran atau hotel yang membutuhkan bahan baku sirip hiu, termasuk harga beli dari pengepul hingga harga jual sampai ke konsumen akhir.

"Dari hasil pengamatan saya, pelaku usaha sirip ikan hiu sebagai bahan baku atau mentah itu sudah banyak. Yang belum banyak digarap adalah produk olahan sirip ikan hiu. Menurut saya ini celah bisnis yang bagus untuk dikerjakan," kata Agung yang mengaku memulai serius berbisnis olahan sirip ikan hiu ini sejak tahun 1998.

Untuk mempelajari cara mengolah sirip ikan hiu, Agung mengaku memanfaatkan interaksi yang ia bangun saat menjadi kuli panggul.

Dengan posisi itu, Agung bisa berkesempatan bertemu dan berinteraksi dengan koki hotel maupun restauran.

Halaman
123
Penulis: Hefty's Suud
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved