Mahasiswa Turun ke Jalan

Aliansi Mahasiswa Jombang Demo Tuntut Cabut Revisi UU KPK, Ketua DPRD Teken Dukungan

Mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di DPRD dan Pemkab Jombang dan mendesak pencabutan revisi UU KPK.

surabaya.tribunnews.com/sutono
Aksi demonstrasi mahasiswa di Jombang yang menuntut pencabutan RUU KPK . 

SURYA.co.id | JOMBANG - Puluhan aktivis dari berbagai organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jombang (AMJ) berdemontrasi, dengan sasaran DPRD dan Pemkab Jombang, Senin (23/9/2019).

Mereka menuntut pencabutan Revisi UU KPK. 

Puluhan mahasiswa tersebut merupakan aliansi beberapa organisasi mahasiswa di Jombang. Di antaranya Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Taretan Mahasiswa Madura (Tamara), Ikatan Tantaretan Mahasiswa Madura (Iktama) dan ISMAU NTB.

Begitu tiba di gedung DPRD Jl KH Wahid Hasyim, para aktivis membentangkan poster dan spanduk berisi tuntutan. Mereka selanjutnya melakukan orasi secara bergantian.

Pendemo ditemui Ketua DPRD Jombang, Mas'ud Zuremi. Setelah mengetahui aspirasi para pendemo, Mas'ud menyatakan mendukung tuntutan yang diusung AMJ.

Sebagai bukti kongkret, Mas'ud yang politisi PKB ini kemudian membubuhkan tanda-tangan di atas kain putih. "Kami mendukung aspirasi mahasiswa," tandas Mas'ud.

Koodiantor aksi, Syahdan menjelaskan, dalam aksi kali ini, AMJ mengusung empat tuntutan.

Yakni, pencabutan RUU KPK. Kemudian meminta presiden dan DPR RI mencabut RUU KPK yang melemahkan kinerja lembaga antirasuah KPK.

Ketiga, meminta presiden menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) terkait pelemahan KPK yang sudah disahkan.

"Terakhir, kami meminta MK (Mahkamah Kosntitusi) mengabulkan judicial review terkait UU KPK yang dirancang sembarangan," ujar Syahdan.

Setelah dari gedung dewan, puluhan mahasiswa melanjutkan jalan kaki menuju kantor Pemkab Jombang.

Di tempat tersebut, mahasiswa kembali menyuarakan tuntutan serupa. Polisi melakukan pengawalan ketat terhadap aksi para mahasiswa ini.

Pupung Tak Keberatan Mahasiswanya Tinggalkan Kelas Untuk Ikut Aksi di DPRD Kota Malang

Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved